Connect with us

PRESS REVIEW

36 warga asing tewas dalam teror di Sri Lanka

Published

on

ZONAUTARA.com – Hingga Minggu (21/4/2019) malam, sudah terdata 36 warga negara asing yang menjadi korban tewas dalam teror di Sri Lanka.

The Guardian menulis, 5 diantara warga asing yang tewas tersebut dipastikan merupakan warga negara Inggris. Sementara korban lainnya berasal dari Amerika, India, Portugal dan Turki.

Menteri Luar Negeri Belanda juga menyebutkan bahwa satu warga negara mereka ikut tewas. Sementara Pemerintah Indonesia belum mendapatkan informasi apakah ada warga negara Indonesia yang ikut menjadi korban.

Sejauh ini, polisi Sri Lanka menyebutkan korban tewas dalam teror di Hari Paskah itu sudah mencapai 207 orang, dan 450 orang lainnya ikut menjadi korban.

Sejumlah gereja dan hotel di Sri Lanka menjadi target serangan bom. Setidaknya ada delapan kali ledakan bom di lokasi yang berbeda.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan mematikan ini. Namun Menteri Pertahanan Sri Lanka Ruwan Wijewardene mengatakan telah menangkap beberapa terduga.

Penangkapan dilakukan di sebuah kompleks perumahan di daerah Dematagoda, Kolombo, ibukota Sri Lanka, tiga jam setelah enam ledakan awal.

Serangan teror ini telah memaksa pemerintah Sri Langka memberlakukan jam malam di seluruh negeri. Akses ke Facebook dan Whats App juga diblokir untuk mencegah penyebaran informasi yang salah.

Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe meminta rakyatnya untuk bersatu dan kuat menghadapi teror ini.

Editor: Ronny Adolof Buol

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HEADLINE

Harga bawang putih melonjak tinggi, 60 ribu ton diimpor dari Tiongkok

Published

on

zonautara.com
Pedagang bawang putih di Pasar Bersehati Manado. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

ZONAUTARA.com – Harga bawang putih mengalami kenaikan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Pemberitaan media tentang hal ini cukup ramai.

Di Jakarta, harga bawang putih berada di kisaran Rp 55.000 hingga Rp 65.000 per kilogram. Sementara Di Pasar Angsoduo Baru, Jambi, satu kilogram bisa mencapai Rp 100 ribu dari sebelumnya Rp 70 ribu.

Dari pantauan situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga bawang putih di Sulawesi Utara, rata-rata Rp 51 ribu per kilogram. Belum mengalami kenaikan yang berarti.

Selain di Jambi, kenaikan yang cukup tinggi terjadi di Kalimantan Timur (Rp 82 ribu), di seluruh Nusa Tenggara (Rp 70 ribu) dan di DKI Jakarta.

Untuk menstabilkan harga, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan sedikitnya 60 ribu ton bawang putih asal Tiongkok masuk pada pekan ini.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura (Kementan), Moh Ismail Wahab menyebutkan jumlah tersebut merupakan tahap awal dari persetujuan impor yang telah dikeluarkan bagi perusahaan swasta yang mencapai 115.675 ton.

“Bawang putih tersebut diprioritaskan untuk mengamankan pasokan di bulan puasa dan Lebaran,” kata Ismail seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Sumber: hargapangan.id

Pemerintah berharap, harga bawang putih akan normal kembali seiring distribusi pasokan dari Tiongkok tersebut.

Secara nasional, konsumsi bawang putih per bulan mencapai 42 ribu ton. Indonesia masih mengimpor sebesar 97 persen dari kebutuhan tersebut.

Untuk menekan laju kenaikan harga, Kementan dan Kementerian Perdagangan gencar melakukan operasi pasar di berbagai daerah.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement

Trending