MANADO, ZONAUTARA.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Senin (26/8/2019).

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber sebagai pembicara, antara lain anggota KPU bidang Humas Salman Saelangi, Akademisi Kepemiluan Ferry Liando dan Anggota Bawaslu Sulut Mustarin Humagi.

Kepada wartawan, Saelangi mengatakan, bahwa pihaknya menggelar pertemuan tersebut untuk mengevaluasi fasilitasi KPU terhadap peserta Pemilu, yakni calon Anggota DPD RI, Partai Politik (Parpol), serta pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden.

“Jadi tiga jenis itu. Difasilitasi sejak tahun 2018 berupa baliho, spanduk, juga iklan kampanye,” ujar Saelangi.

Menurut dia, untuk KPU Provinsi sebatas calon Anggota DPD RI. Sedangkan untuk parpol dan calon Presiden-calon Wakil Presiden ada di KPU RI.

“Untuk kabupaten/kota tidak melaksanakan, hanya sebatas di KPU Provinsi,” tandasnya.

Selain itu, pada rapat tersebut ikut juga dibahas terkait jadwal kampanye rapat umum. Walaupun, secara jadwal dilakukan oleh KPU RI.

“Kami di provinsi melengkapi dengan jadwal kampanye rapat umum untuk calon anggota DPD RI,” tambahnya.

Dari semua yang difasilitasi KPU, kata Saelangi, agenda hari ini adalah mengevaluasi dan menyerap aspirasi apa-apa yang dirasa kurang dan kemudian yang masih disempunakan.

“Kabupaten/kota kami libatkan, karena mereka juga sudah melakukan evaluasi yang sama. Nantinya aspirasi kita rekap dan gabungkan menjadi masukan ke KPU RI,” ungkapnya

“Untuk Alat Peraga Kampanye, ada permintaan serta masukan, agar KPU mengusulkan anggaran sampai pada pemasangan dan perawatan APK. Ini akan diteruskan dan dirancangkan anggarannya untuk diusulkan ke pemerintah. Dengan harapan, pada pemilihan-pemilihan ke depan, apa yang difasilitasi KPU bisa dimanfaatkan maksimal,” kunci Saelangi. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !