Keren, film karya anak muda Sulut, Bakera tayang di VIU

Novita Wenzen
Penulis Novita Wenzen



MANADO, ZONAUTARA.com – Sebuah film pendek garapan sekelompok anak muda di Sulawesi Utara tayang di VIU.

Film berdurasi 12 menit 31 detik ini murni digarap oleh anak muda Sulut, mulai dari ide cerita, penulisan scrip, penyutradaraan, crew hingga ke pemeran.

Mereka yang tergabung dalam tim produksi merupakan hasil Workshop VIU Short Movie yang digelar pada Januari 2019.

VIU merupakan platform premium menonton video dan film yang hadir di 16 negara. Aplikasi VIU dapat didownload melalui ponsel berbasis android dan IOS.

Usai mengikuti workshop, tim produksi yang terdiri dari pehobi film dan foto, siswa SMK 5 Manado dan SMA Eben Haezar kemudian menggarap film yang diberi judul “Bakera”.

Cerita film ini lahir dari ide Suhandri Lariwu yang juga merupakan anggota tim produksi.

Bakera menceritakan soal tradisi di tanah Minahasa yang dilakukan oleh perempuan usai melahirkan. Orang Minahasa percaya, jika usai melahirkan, perempuan melakukan mandi uap dengan cara tradisional (bakera), maka penyakit akan hilang.

Di film pendek itu, bakera dilakukan oleh sepasang suami istri, Utu yang diperankan Glen Waney dan Keke (Wanda Kristi Pertonellla). Utu enggan memenuhi permintaan bakera dari istrinya Keke.

Sementara Keke ngotot harus bakera karena menurutnya itu wajib dilakukan. Utu ragu menyanggupi permintaan itu, sebab bayi mereka telah tiada.

“Senang rasanya bisa terlibat dalam produksi film ini. Dan ini juga sebagai pembuktian bahwa Sulut punya potensi menggarap cerita lokal yang dituangkan dalam film pendek. Semoga kedepan bisa lahir karya-karya lain dari anak muda Sulut,” kata Suhandri.

Film yang sudah tayang sejak 21 Mei ini bisa ditonton melalui link ini: BAKERA

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com