bar-merah

PNS simore, libur panjang dan dapat bonus gaji plus THR

Foto: Pexels.com/Belle Co

MANADO, ZONAUTARA.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) patut simore (bergembira). Sebentar lagi libur. Tak tanggung-tanggung, total libur Idul Fitri tahun ini selama delapan hari.

Libur akan dimulai pada Minggu, 2 Juni, walau Sabtu (1/6) sebenarnya tidak masuk kantor, namun PNS wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila.

Kemudian Presiden Joko Widodo menetapkan cuti bersama Lebaran pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni. Libur resmi Lebaran tanggal 5 dan 6 Juni, ditambah Sabtu dan Minggu (8 dan 9 Juni) merupakan hari libur biasa, maka total ada delapan hari libur panjang.

Libur berarti tak bekerja. Kesempatan bersama keluarga dalam waktu yang cukup panjang. Bagi yang punya hobi, bisa mengerjakan hobinya dengan leluasa.

Namun begitu, tidak semua layanan pemerintahan libur total. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, Prabowo misalnya, meyakinkan bahwa lembaganya tetap akan bekerja selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Manado Julises Oehlers juga memastikan pelayanan publik di kantornya tetap akan berjalan, karena ada piket pegawai.

Tak hanya soal libur, PNS juga simore karena pemerintah mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan bonus Gaji 13. Di beberapa intansi, malah ketambahan pencairan tunjangan kinerja.

Komplit sudah, dapat libur dan dapat uang tambahan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, total THR yang dicairkan tahun ini mencapai Rp 19 triliun.

Uang sebanyak itu bukan hanya untuk PNS, tetapi juga untuk membayar THR Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan.

PP Nomor 36 tahun 2019 menyebutkan, negara memberikan THR sebesar penghasilan satu bulan yang meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Pemberian THR itu dimaksudkan untuk membantu PNS dan penerima lainnya agar bisa memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran. Sri Mulyani bilang, pencarian THR dan Gaji 13 dapat mendongkrak konsumsi sebesar 5,1%.

Dikutip dari Antaranews.com, Pemerintah Sulut telah membayarkan THR kepada 12.256 ASN (aparatur sipil negara) termasuk tenaga guru, sejak Jumat (24/5).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen berharap pemberian tunjangan itu bisa meningkatkan kinerja ASN.

Dari pantauan Zonautara.com, beberapa pusat perbelanjaan di Kota Manado, sudah sangat ramai. Keramaian itu, mungkin salah satunya dari dampak dicairkannya THR dan Gaji 13.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com