Connect with us

Serba Serbi

Minum 25 cangkir kopi tidak berbahaya? Tapi sebaiknya jangan!

Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan resiko yang minim terhadap kekakuan arteri jantung.

Published

on

Foto: Pixabay.com/Christoph

ZONAUTARA.com – Penelitian dari Queen Mary University di London menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak 25 cangkir sehari tidak memengaruhi kekakuan arteri jantung.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Steffen Petersen itu dipresentasikan di the British Cardiovascular Society (BCS) Conferenece di Manchester.

Arteri di dalam tubuh manusia bertugas membawa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh. Jika arteri menjadi kaku, dapat beresiko terhadap kerja jantung.

Seseorang dengan arteri yang kaku dapat berpeluang mendapat serangan jantung dan stroke.

Penelitian yang dilakukan Profesor Petersen dan koleganya itu melibatkan lebih dari 8.000 orang di Inggris. Mereka dikelompokkan menjadi tiga group, yakni yang minum kurang dari satu cangkir sehari, yang minum antara satu hingga tiga cangkir sehari, dan lebih dari tiga cangkir.

Pada orang yang diteliti terdapat pula yang mengonsumsi 25 cangkir sehari. Dan hasilnya, tidak terdapat ancaman kekakuan arteri jantung mereka.

Penelitian ini juga mempertimbangkan usia, jenis kelamin, etnis, status merokok, tinggi dan berat badan, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol, termasuk apa yang mereka makan dan tekanan darah.

Dari 8.412 peserta yang menjalani pemindaian MRI jantung serta tes gelombang inframerah, didapat data bahwa peminum kopi sedang dan berat, adalah kaum pria, perokok serta mengonsumsi alkohol secara teratur.

Walau demikian, hasil penelitian ini belum diterima secara umum. Direktur pusat penelitian the Yale-Griffin Prevention Research, Dr. David Katz menyatakan bahwa dosis tinggi kopi tetap menjadi ancaman.

“Ada banyak alasan untuk khawatir jika mengonsumsi kopi terlalu banyak. Ada efek pada tekanan darah, detak jantung hingga distritmia jantung,” kata Katz kepada HuffPost.

Lebih dari itu, konsumsi kopi yang berlebihan dapat membawa dampak insomnia, emosi yang tidak stabil dan berbagai efek metabolisme tubuh.

Walaupun penelitian ini bisa menjadi kabar baik, tetapi sebaiknya anda tidak ikut-ikutan minum kopi hingga 25 cangkir sehari.

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Serba Serbi

Tengkorak Yaki berbahan fiber ini dijual murah

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Upaya menjaga kelestarian dan semangat mengangkat budaya lokal yang berjalan beriringan, memberikan inspirasi kreatif bagi Renaldo Kumendong. Tari Kabasaran yang makin digandrungi kalangan generasi muda tentu membuat permintaan aksesoris untuk melengkapi hiasan kostum jadi sangat dibutuhkan.

Aldo, demikian sapaan akrabnya, mengganggap aksesoris Kabasaran yang tertentu tak harus asli. Kalau semuanya harus asli, seperti tengkorak yaki (macaca nigra), justru bisa merusak kelestarian ekosistem.

“Kalau ada grup Kabasaran yang baru dibentuk, misalnya anggotanya ada 6 orang, berarti akan ada 6 yaki yang diburu. Semangat mengangkat budaya lokal Minahasa sudah baik, tapi tindakan memburu satwa yang dilindungi itu tidak terpuji. Itulah mengapa saya bereksperimen dengan membuat tengkorak yaki dari bahan fiber,” kata Aldo, yang juga pentolan Sanggar Vox Teater Club.

Harga satu tengkorak yaki dijualnya murah, yaitu hanya Rp 100.000. Untuk bahan, fiber cair dipesannya dari Surabaya karena di Manado belum dijual. Ia mencampurkan fiber cair dengan satu bahan lagi yang dirahasiakan untuk membuat hasil cetakan jadi sangat kuat.

Proses pembuatannya tidak lama. Malah, imbuhnya, kalau ada yang ingin memesan, bisa ditunggu karena hanya memakan waktu 10 menit pengerjaannya. Sebenarnya bukan hanya tengkorak yaki yang bisa dibuat. Aksesoris lain seperti taring juga bisa.

“Selain bisa untuk keperluan aksesoris Kabasaran, tengkorak fiber bisa juga menjadi bahan pajangan yang artistik. Bagi yang tertarik dan ingin memesannya bisa datang ke sekretariat Sanggar Vox Teater Club yang beralamat di SMK Negeri 4 Manado,” ujarnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com