Connect with us

Serba Serbi

Minum 25 cangkir kopi tidak berbahaya? Tapi sebaiknya jangan!

Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan resiko yang minim terhadap kekakuan arteri jantung.

Bagikan !

Published

on

Foto: Pixabay.com/Christoph

ZONAUTARA.com – Penelitian dari Queen Mary University di London menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak 25 cangkir sehari tidak memengaruhi kekakuan arteri jantung.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Steffen Petersen itu dipresentasikan di the British Cardiovascular Society (BCS) Conferenece di Manchester.

Arteri di dalam tubuh manusia bertugas membawa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh. Jika arteri menjadi kaku, dapat beresiko terhadap kerja jantung.

Seseorang dengan arteri yang kaku dapat berpeluang mendapat serangan jantung dan stroke.

Penelitian yang dilakukan Profesor Petersen dan koleganya itu melibatkan lebih dari 8.000 orang di Inggris. Mereka dikelompokkan menjadi tiga group, yakni yang minum kurang dari satu cangkir sehari, yang minum antara satu hingga tiga cangkir sehari, dan lebih dari tiga cangkir.

Pada orang yang diteliti terdapat pula yang mengonsumsi 25 cangkir sehari. Dan hasilnya, tidak terdapat ancaman kekakuan arteri jantung mereka.

Penelitian ini juga mempertimbangkan usia, jenis kelamin, etnis, status merokok, tinggi dan berat badan, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol, termasuk apa yang mereka makan dan tekanan darah.

Dari 8.412 peserta yang menjalani pemindaian MRI jantung serta tes gelombang inframerah, didapat data bahwa peminum kopi sedang dan berat, adalah kaum pria, perokok serta mengonsumsi alkohol secara teratur.

Walau demikian, hasil penelitian ini belum diterima secara umum. Direktur pusat penelitian the Yale-Griffin Prevention Research, Dr. David Katz menyatakan bahwa dosis tinggi kopi tetap menjadi ancaman.

“Ada banyak alasan untuk khawatir jika mengonsumsi kopi terlalu banyak. Ada efek pada tekanan darah, detak jantung hingga distritmia jantung,” kata Katz kepada HuffPost.

Lebih dari itu, konsumsi kopi yang berlebihan dapat membawa dampak insomnia, emosi yang tidak stabil dan berbagai efek metabolisme tubuh.

Walaupun penelitian ini bisa menjadi kabar baik, tetapi sebaiknya anda tidak ikut-ikutan minum kopi hingga 25 cangkir sehari.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Serba Serbi

Ingin cantik cara alami? Intip tips berikut

Cantik tak harus mahal.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Lazimnya, banyak orang ingin memiliki penampilan yang sempurna setiap harinya. Tak heran banyak orang, terutama kaum hawa yang ingin memiliki wajah yang cantik dan putih. Usaha ini dicapai dengan menggunakan berbagai produk kecantikan.

Meski banyak produk kecantikan populer yang beredar di pasaran, perawatan dengan bahan-bahan alami pun tidak kalah populer di kalangan kaum hawa.

Perawatan kecantikan alami sudah dipraktikan para wanita sejak zaman kuno untuk menjaga anugerah dari Tuhan. Hingga kini masih banyak yang menerapkannya. Dari berbagai belahan dunia, dengan berbagai resep kecantikan, diwariskan turun temurun, sesuai dengan karakteristik alam yang dimiliki serta tipe kecantikan lokalitas. Termasuk nusantara, yang kaya akan budaya juga keanekaragaman alami.

Dilansir dari akun instagram @indonesiabeautyheritage, berikut beberapa tips kecantikan ala Nusantara demi menjaga kecantikan alami.

Wajah cerah dan mengurangi minyak

Bahan : Madu, Tomat, Mentimun
Khasiat : Mencerahkan wajah, mengurangi produksi sebum, melembabkan kulit
Resep Ramuan : Siapkan 1 buah tomat merah segar (peras hingga mendapatkan sarinya), 2 sdm (sendok makan) pasta mentimun, 1 sdm madu. Campurkan semua bahan dalam mangkuk
Pengaplikasian : Oleskan secara merata sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas

Ilustrasi dari Pixabay.com

Rambut tumbuh lebat dan berkilau

Bahan : Lidah buaya, Minyak kelapa
Asal : Kalimantan Selatan
Resep Ramuan : Siapkan 1/2 cup gel lidah buaya dan 1/2 cup minyak kelapa murni. Campurkan kedalam teflon dan didihkan perlahan dengan api kecil selama 15 menit. Saring minyak.
Pengaplikasian : Oleskan secara merata sebagai masker rambut. Diamkan selama 30 menit. Bilas dan cuci dengan shampo.

SunBlock alami

Bahan : Wortel, Minyak Zaitun
Asal : Karo, Sumatera Utara: kaum priyayi
Resep Ramuan : Siapkan 2 buah wortel (kupas dan parut) dan 125 ml minyak zaitun. Campurkan ke dalam teflon, didihkan perlahan pada api sedang selama 15 menit. Dinginkan kedalam toples kaca dan diamkan 24 jam. Saring minyak ke dalam botol spray.
Pengaplikasian : aplikasikan pada wajah 30 menit sebelum keluar rumah. Ulangi tiap 3 jam.
Khasiat : SPF 40 alami, flek hitam memudar, warna kulit merata

Demikian beberapa tips cantik ala nusantara yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com