Connect with us

EDITOR'S PICK

Menanti kejutan Jokowi untuk anak muda di jajaran kabinet

Nama Nadiem Makarim, Tsamara Amany hingga Bahlil Lahadalia santer disebut.

Published

on

Prev1 of 6
Use your ← → (arrow) keys to browse

ZONANUTARA.com – Presiden terpilih Joko widodo (Jokowi) telah melontarkan niat memberikan kesempatan bagi anak muda untuk duduk dalam jajaran kabinet barunya nanti.

Dalam sebuah kesempatan Jokowi mengatakan bahwa keberadaan anak muda di kabinet akan memunculkan ide, gagasan kreatif dan keinginan kuat untuk mengeksekusi solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa.

“Kami ingin ada sebuah kecepatan dalam pembangunan,” ujar Jokowi dalam wawancara dengan Katadata pada Mei lalu. Bahkan saat itu, Jokowi sempat menyebut nama Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia sebagai sosok yang perlu diberi kesempatan menjadi menteri.

Selain Bahlil beberapa nama santer beredar disebut berpeluang menjadi menteri dari kalangan usia muda.

Nadiem Makarim

Naidem Makariem (itech.id)

Sosok anak muda ini memang mampu mencuri perhatian yang sangat luas. Siapa tak kenal dengan Go-Jek, perusahaan besutannya yang telah meraih predikat unicorn karena mampu naik sebagai perusahaan rintisan dengan kapitasi pasar US$ 1 miliar.

Nadiem memulai karirnya di McKinsey & Company pada 2006. Sesudah itu dia bergabung dengan Zalora yang bergerak di e-commerce fashion. Pada 2012, Nadiem mundur dari Zalora dan mendirikan Go-Jek yang tumbuh begitu cepat.

Kini Go-Jek telah merambah pasar hingga ke Vietnam dan Thailand. Jokowi kerap memuji Nadiem sebagai anak muda bangsa yang mengharumkan nama Indonesia.

Prev1 of 6
Use your ← → (arrow) keys to browse

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

EDITOR'S PICK

Risalah susunan kabinet Jokowi yang beredar adalah hoaks

Presiden terpilih Joko Widodo hingga kini belum mengumumkan nama-nama calon menteri.

Published

on

ZONAUTARA.com – Dua hari belakangan beredar luas sebuah berkas berformat pdf yang didalamnya terdapat struktur rancangan susunan kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024.

Berkas dengan kop Koalisi Indonesia Maju Republik Indonesia dengan logo Garuda Pancasila itu, dishare melalui jejaring sosial dan group-group di aplikasi percakapan.

Dalam berkas itu, tercantum nama-nama yang terpilih dari hasil rapat pengangkatan menteri Joko Widodo-Ma’ruf Amin, di Sentul City International Convention Center, Bogor, Minggu (14/7).

Dalam daftar itu terdapat sejumlah nama menteri petahana diantaranya yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Lalu ada pula nama lama dengan jabatan baru, yakni Seskab Pramono Anung menjadi Mensesneg, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Negara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang dipasang sebagai Menko Perekonomian.

Selain itu, ada sejumlah nama baru muncul dalam kabinet ini yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prananda Prabowo, Menteri Pariwisata Dedi Mulyadi, Menteri Perindustrian Soetrisno Bachir, Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Grace Natalie.

Jangan percaya itu hoaks

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat memastikan beredarnya daftar menteri Kabinet Kerja Jilid II yang tersebar luas di media sosial dan grup-grup whatsapp adalah informasi yang tidak benar atau hoaks.

Djarot juga menyebut berkas berformat pdf yang tersebar sejak Selasa (17/7) tersebut adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

“Wah opo ini, enggak, enggak,” kata Djarot, saat ditemui di Kantor DPD PDIP Jawa Timur, Surabaya, Rabu (17/7), dikutip dari CNN.

Situs Kominfo juga memuat klarifikasi soal berkas pdf itu dan menegaskan bahwa itu hoaks. Kominfo mengutip pernyataan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usma Kansong yang menyebut bahwa informasi yang beredar itu tidak benar.

Presiden terpilih Joko Widodo dan pasangannya wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin hingga kini belum mengumumkan nama-nama calon menteri mereka.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com