Connect with us

Serba Serbi

Tengkorak Yaki berbahan fiber ini dijual murah

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Upaya menjaga kelestarian dan semangat mengangkat budaya lokal yang berjalan beriringan, memberikan inspirasi kreatif bagi Renaldo Kumendong. Tari Kabasaran yang makin digandrungi kalangan generasi muda tentu membuat permintaan aksesoris untuk melengkapi hiasan kostum jadi sangat dibutuhkan.

Aldo, demikian sapaan akrabnya, mengganggap aksesoris Kabasaran yang tertentu tak harus asli. Kalau semuanya harus asli, seperti tengkorak yaki (macaca nigra), justru bisa merusak kelestarian ekosistem.

“Kalau ada grup Kabasaran yang baru dibentuk, misalnya anggotanya ada 6 orang, berarti akan ada 6 yaki yang diburu. Semangat mengangkat budaya lokal Minahasa sudah baik, tapi tindakan memburu satwa yang dilindungi itu tidak terpuji. Itulah mengapa saya bereksperimen dengan membuat tengkorak yaki dari bahan fiber,” kata Aldo, yang juga pentolan Sanggar Vox Teater Club.

Harga satu tengkorak yaki dijualnya murah, yaitu hanya Rp 100.000. Untuk bahan, fiber cair dipesannya dari Surabaya karena di Manado belum dijual. Ia mencampurkan fiber cair dengan satu bahan lagi yang dirahasiakan untuk membuat hasil cetakan jadi sangat kuat.

Proses pembuatannya tidak lama. Malah, imbuhnya, kalau ada yang ingin memesan, bisa ditunggu karena hanya memakan waktu 10 menit pengerjaannya. Sebenarnya bukan hanya tengkorak yaki yang bisa dibuat. Aksesoris lain seperti taring juga bisa.

“Selain bisa untuk keperluan aksesoris Kabasaran, tengkorak fiber bisa juga menjadi bahan pajangan yang artistik. Bagi yang tertarik dan ingin memesannya bisa datang ke sekretariat Sanggar Vox Teater Club yang beralamat di SMK Negeri 4 Manado,” ujarnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Serba Serbi

Ingin cantik cara alami? Intip tips berikut

Cantik tak harus mahal.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Lazimnya, banyak orang ingin memiliki penampilan yang sempurna setiap harinya. Tak heran banyak orang, terutama kaum hawa yang ingin memiliki wajah yang cantik dan putih. Usaha ini dicapai dengan menggunakan berbagai produk kecantikan.

Meski banyak produk kecantikan populer yang beredar di pasaran, perawatan dengan bahan-bahan alami pun tidak kalah populer di kalangan kaum hawa.

Perawatan kecantikan alami sudah dipraktikan para wanita sejak zaman kuno untuk menjaga anugerah dari Tuhan. Hingga kini masih banyak yang menerapkannya. Dari berbagai belahan dunia, dengan berbagai resep kecantikan, diwariskan turun temurun, sesuai dengan karakteristik alam yang dimiliki serta tipe kecantikan lokalitas. Termasuk nusantara, yang kaya akan budaya juga keanekaragaman alami.

Dilansir dari akun instagram @indonesiabeautyheritage, berikut beberapa tips kecantikan ala Nusantara demi menjaga kecantikan alami.

Wajah cerah dan mengurangi minyak

Bahan : Madu, Tomat, Mentimun
Khasiat : Mencerahkan wajah, mengurangi produksi sebum, melembabkan kulit
Resep Ramuan : Siapkan 1 buah tomat merah segar (peras hingga mendapatkan sarinya), 2 sdm (sendok makan) pasta mentimun, 1 sdm madu. Campurkan semua bahan dalam mangkuk
Pengaplikasian : Oleskan secara merata sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas

Ilustrasi dari Pixabay.com

Rambut tumbuh lebat dan berkilau

Bahan : Lidah buaya, Minyak kelapa
Asal : Kalimantan Selatan
Resep Ramuan : Siapkan 1/2 cup gel lidah buaya dan 1/2 cup minyak kelapa murni. Campurkan kedalam teflon dan didihkan perlahan dengan api kecil selama 15 menit. Saring minyak.
Pengaplikasian : Oleskan secara merata sebagai masker rambut. Diamkan selama 30 menit. Bilas dan cuci dengan shampo.

SunBlock alami

Bahan : Wortel, Minyak Zaitun
Asal : Karo, Sumatera Utara: kaum priyayi
Resep Ramuan : Siapkan 2 buah wortel (kupas dan parut) dan 125 ml minyak zaitun. Campurkan ke dalam teflon, didihkan perlahan pada api sedang selama 15 menit. Dinginkan kedalam toples kaca dan diamkan 24 jam. Saring minyak ke dalam botol spray.
Pengaplikasian : aplikasikan pada wajah 30 menit sebelum keluar rumah. Ulangi tiap 3 jam.
Khasiat : SPF 40 alami, flek hitam memudar, warna kulit merata

Demikian beberapa tips cantik ala nusantara yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com