bar-merah

Usai MPLS, Siswa Baru siap memulai KBM

zonautara.com
MPLS di SMK Negeri 4 Manado.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

MANADO, ZONAUTARA.com – Siswa baru jenjang SMA/SMK/Sederajatnya mulai Senin (22/07/2019) siap memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebelumnya, para peserta didik mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Di SMK Negeri 4 Manado, pelaksanaan MPLS yang diikuti 112 siswa baru digelar selama 3 hari, 15-17 Juli 2019, dan dilanjutkan dengan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Kepramukaan pada 18-19 Juli 2019.

Kepala SMK Negeri 4 Manado Jenner Rumerung mengatakan, selama 3 hari di PLS para siswa mendapatkan pembinaan karakter, di antaranya pembekalan tentang pencegahan dan bahaya narkoba dari Badan Narkotika Nasional. Untuk Wawasan Kebangsaan yang meliputi pendidikan karakter religius, kemandirian, nasionalis, integritas dan gotong royong diampuh langsung TNI Angkatan Darat (AD).

zonautara.com
Latihan Baris Berbaris siswa baru di SMK Negeri 4 Manado yang diampuh TNI AD.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

“Semua rangkaian kegiatan berjalan lancar tanpa kendala yang dihadapi. Pihak TNI AD juga memberikan materi Peraturan Baris Berbaris. Hasilnya, sekitar 15 orang siswa baru terbaik dipilih untuk menjadi petugas Upacara Bendera hari Senin lusa,” ujar Jenner, Sabtu (20/07/2019).

Ketua Panitia MPLS SMK Negeri 4 Manado Paulus Steven Tuwo menambahkan, dalam kegiatan Kepramukaan semua siswa baru mendapatkan materi Pramuka Penggalang yang terdiri dari Janji (Trisatya) Penggalang dan Kode Moral (Dharma) Penggalang.

“Janji Pramuka Penggalang berbeda dengan Siaga dan Penegak/Pandega. Dalam Dharma Pramuka diajarkan tentang takwa kepada Tuhan yang Maha-Esa; cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; patriot yang sopan dan kesatria; patuh dan suka bermusyawarah; rela menolong dan tabah; rajin, terampil dan gembira; hemat, cermat dan bersahaja; disiplin, berani dan setia; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; serta suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan,” jelasnya.

zonautara.com
MPLS di SMK Negeri 4 Manado.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Ray Bawoel, siswa pindahan yang kini duduk di kelas XI Produksi Siaran Program Radio, mengaku iri karena tak merasakan MPLS yang seperti dilaksanakan tahun 2019 ini. Menurutnya, sekolah lain perlu mencontohi MPLS yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Manado ini.

“Manfaatnya banyak. MPLS bukan sekadar mengetahui ruangan-ruang belajar yang ada di sekolah tapi juga mendapatkan pengetahuan,” ujarnya.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com