3 dosen di Unsrat inisiasi pola hidup sehat lewat hidroponik

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



MANADO, ZONAUTARA.com – Pola hidup sehat perlu terus didorong pada masyarakat urban saat ini. Tawaran berbagai kemudahan lewat inovasi teknologi kadang kala tidak dibarengi dengan hidup sehat

Salah satu pola hidup sehat yang bisa didorong pada masyarakat urban adalah budidaya sayuran hidroponik. Budidaya dengan cara ini sangat cocok bagi masyarakat urban yang tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam.

Tiga pengajar (dosen) di Universitas Sam Ratulangi Manado, mencoba memperkenalkan budidaya sayuran hidroponik di lingkungan kampus.

Ketiga dosen itu adalah Prof. Dr. Trina Tallei, Prof. Dr. Fatimawali dan Sri Sudwei, S.Si., M.Sc. Ketiganya mendapatkan mendapatkan hibah dari Universitas Sam Ratulangi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

“Ini juga sekaligus sosialisasi pertanian yang berwawasan lingkungan, yang mudah dilaksanakan oleh generasi muda,” ujar Trina, Selasa (23/7/2019).

Menurut Trina pelatihan hidroponik untuk pemula telah dilaksanakan pada 15 Juni 2019 lalu. Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan green house dan instalasi hidroponik yang terletak di kompleks Masjid Kampus UNSRAT.

“Setelah melewati pembibitan dan penanaman, pemanenan perdana sayuran hidroponik sudah dilaksanakan kemarin, Senin (22/7),” kata Fatimawali.

Fatimawali menjelaskan budidaya hidroponik menjamin ketersediaan sayuran yang bebas pestisida, dan higienis karena tidak bersentuhan dengan tanah. Kandungan nutrisi dari sayuran ini dapat memenuhi sumber gizi keluarga apabila dibudidayakan di pekarangan.

Sementara Sri Sudwei menambahkan bahwa apabila diusahakan dalam skala besar, hidroponik dapat menjadi sumber pendapatan dan juga peningkatan produksi hortikultura lokal dan berkualitas tinggi.

“Hidroponik juga memberikan keuntungan bagi lingkungan sosial karena dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan dan pelatihan di bidang pertanian modern,” ujar Sri Sudwei.

Masjid Kampus Ulil Albab Universitas Sam Ratulangi yang terletak di dalam kampus UNSRAT merupakan tempat umat muslim melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan serta kemasyarakatan lainnya.

Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh masjid ini yaitu kegiatan wirausaha yang ditujukan untuk membangkitkan semangat berbisnis bagi generasi muda masjid yang tergabung dalam BTU (Badan Tazkir Mahasiswa Unsrat).

Ketua Badan Takmir Masjid (BTM) Ulil Albab Unsrat Dr. Jailani Husain, MSc sangat mengapresiasi kegiatan itu dan mengharapkan akan dilanjutkan oleh BTU dan BTM.

“Pembuatan green house dan instalasi hidroponik dibantu oleh Ahmad Adam, SKG yang merupakan owner dari Urban Farming Manado,” tutup Trina. (**)

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com