Connect with us

ZONA DAERAH

Terima remisi di HUT RI, 4 Andikpas dan 1 WBP langsung bebas

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat memberikan putusan pemberian remisi kepada para Andikpas dan WBP. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPerayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), menjadi momen bahagia bagi sejumlah Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Manado di Tomohon.

Pasalnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, pengurangan hukuman atau remisi diberikan kepada para Andikpas dan WBP di saat perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Kali ini, sebanyak 107 Andikpas dan 30 WBP yang mendapatkan remisi, dalam peringatan HUT ke-74 RI, di LPKA Klas II Tomohon, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak lima orang di antaranya langsung bebas.

Kepala LPKA Klas II Tomohon Tjahaja Rediantana menjelaskan, rincian remisi terhadap para Andikpas, yakni 103 Andikpas mendapatkan Remisi Umum I dan 4 Andikpas mendapatkan Remisi Umum II.

Sementara, untuk WBP di LPP, yakni sebanyak 29 WBP mendapatkan Remisi Umum I dan 1 WBP mendapatkan Remisi Umum II.

Rediantana mengatakan, dasar pemberian remisi kepada para Andikpas dan WBP tidak hanya soal administrasi.

“Tapi yang utama adalah perilaku, yakni
tidak termasuk dalam register F,” ujar Rediantana.

Sebelumnya, Menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Yassona Laoly dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, remisi diberikan kepada para Andikpas dan WBP yang berkelakuan baik dan menjalani hukuman sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Tujuannya untuk memberikan motivasi dan kesempatan untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan dan keterampilan di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Remisi kepada para Andikpas dan WBP tersebut diberikan oleh Wali Kota Eman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Peduli korban kebakaran, Polres salurkan bantuan di Panti Asuhan Nazareth

Bantuan bertujuan meringankan beban anak-anak penghuni panti.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepolisian Resor (Polres) Tomohon menunjukkan kepedulian terhadap bencana kebakaran yang terjadi di Panti Asuhan Nazareth Matani.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Raswin Bachtiar Sirait dan didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Juliana Sirait dan jajaran pejabat, Polres Tomohon menyalurkan bantuan kepada pihak pengelola panti, Rabu (18/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap, pihak pengelola dan anak-anak panti agar tidak menilai jumlah bantuan yang diberikan.

“Tapi nilailah hal ini sebagai wujud rasa peduli kita bersama, khususnya keluarga besar Polres Tomohon, serta Bhayangkari Cabang Polres Tomohon dan tentunya ke depan kita harapkan bantuan ini dapat kita tingkatkan daripada sekarang ini,” ujar  Sirait.

Kapolres juga berharap, agar bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban korban kebakaran, terutama anak-anak penghuni panti tersebut.

“Sehingga, mereka bisa sedikit melupakan kejadian yang menimpa mereka dan kemalangan yang terjadi kepada mereka,” pungkasnya.

Hadir dalam anjangsana tersebut pejabat teras Polres Tomohon, yakni Kabag Ops AKP Steven JR Simbar, Kabag Sumda Kompol Agnes Timbuleng, serta para Kasatfung dan Kapolsek jajaran Polres Tomohon.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Panti Asuhan Nazareth Matani terbakar pada Kamis (12/9/2019). Kebakaran itu menyebabkan satu penghuni terluka.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com