Connect with us

Zona Bolmong Raya

Astaga! Belakang kantor Bupati Bolmong jadi tempat pembuangan sampah

Tumpukan sampah yang didominasi plastik dan kertas tampak menggunung.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

LOLAK, ZONAUTARA.com – Sampah merupakan salah satu persoalan serius yang tengah dihadapi pemerintah saat ini. Termasuk bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Bahkan, sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Pemkab Bolmong melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sementara menyusun dokumen Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) untuk nantinya menjadi landasan serta payung hukum dalam memerangi sampah di daerah.

Tapi, apa jadinya bila lingkungan pusat perkantoran sendiri yang justru dipenuhi sampah. Seperti di belakang kantor Bupati Bolmong. Lokasi yang hanya berjarak sekitar 20-an meter dari gedung kantor Bupati itu tampak seperti Tempat Pembuangan akhir (TPA).

Tumpukan sampah yang didominasi plastik dan kertas tampak menggunung. Terlihat juga ada bekas pembakaran.

Selain tak enak dipandang, kondisi itu tentunya bakal membawa dampak buruk bagi kesehatan lingkungan. Padahal, Kabupaten Bolmong masuk salah satu daerah yang lolos verifikasi dokumen sebagai kabupaten/kota sehat (KKS) tahun 2019.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Sahara Albugis, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Nurmala Paputungan, bahwa saat ini sementara persiapan verifikasi lapangan untuk KKS.

“Tim penilai dari Kementerian akan turun sekitar tanggal 16 sampai 20 September 2019. Ada beberapa indikator penilaian KKS. Salah satunya adalah kawasan perkantoran yang sehat,” kata Nurmala, Kamis (22/08/2019).

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bolmong Sugiharto Banteng mengaku bahwa sampah yang ada di belakang kantor Bupati tersebut hanya dibuang sementara.

“Itu hanya sementara. Nanti armada sampah dari DLH yang mengangkut,” kata Sugiharto saat dikonfirmasi via ponselnya.

Dalam sepekan, lanjutnya, armada sampah tiga kali melakukan pengangkutan dan dibawa ke TPA Inuai. Pihaknya juga berencana akan membuat bak sampah untuk pembuangan sementara di belakang kantor Bupati.

“Kita sudah usulkan untuk dianggarkan pembuatan bak sampah sementara,” ujar Sugiharto.

Penulis: itd

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !

Zona Bolmong Raya

Februari, ASN Bolmong terancam tak terima tunjangan

ika ada SKPD yang kumabal dan tidak memasukkan laporan keuangan sesuai batas waktu yang ditentukan

Bagikan !

Published

on

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tengah mempersiapkan berbagai dokumen dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Bolmong tahun anggaran 2019.

Salah satu yang wajib disiapkan adalah laporan keuangan dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Bolmong.

“Laporan keuangan SKPD itu wajib disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) paling lambat 31 Januari 2020,” kata Kepala BKD Bolmong, Rio Lombone, Senin (20/1/2020).

Rio mengaku tidak main-main. Jika ada SKPD yang kumabal dan tidak memasukkan laporan keuangan sesuai batas waktu yang ditentukan, maka akan nada sanksi tegas. Salah satunya adalah, hak keuangan selain gaji seluruh ASN di instansi tersebut tidak akan dibayarkan.

“Selain gaji tidak akan dibayarkan. Seperti TPP, biaya perjalanan dinas dan honorarium dan lain-lain. Dan ini sudah disetujui oleh pimpinan,” tegas Rio Lombone.

Penerapan sanksi ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut Rio, hasil kesepakatan dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Utara, batas penyampaian LKPD Kabupaten/Kota se Sulut hanya sampai 15 Maret 2020. Tidak seperti biasanya, sesuai aturan penyampaian LKPD Kabupaten/Kota yakni 31 Maret tahun berjalan.

“Kali ini disepakati bersama untuk dipercepat. Karena proses audit rinci oleh BPK juga akan lebih awal dari biasanya. Akan diupayakan tahapan audit selesai sebelum lebaran,” jelas Rio saat ditemui di ruang kerjanya. (ite)

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com