Prakiraan curah hujan September 2019 di Sulawesi Utara

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



Oleh: Sofian Widiyanto

Berdasarkan perkembangan dinamika atmosfer dan lautan global serta prediksi dari beberapa institusi baik itu dari dalam dan luar negeri, wilayah Nino3.4 berada dalam kondisi Netral.

Selanjutnya ENSO di prediksi pada keadaan netral hingga El Nino dengan intensitas lemah. Monsun Asia berada di sekitar klimatologisnya dari awal Agustus dan diprediksi tidak aktif hingga September dasarian I tahun 2019.

Dengan kondisi anomali suhu muka laut di sekitar Sulawesi Utara yang dingin, mengakibatkan peluang pembentukan awan hujan berkurang. Potensi hujan pada bulan September 2019 secara umum akan dipengaruhi oleh dinamika atmosfer global dan regional tersebut diatas. Walaupun demikian, faktor lainnya seperti adanya pola-pola siklonik serta faktor konveksi lokal juga akan berperan dalam pola hujan di Sulawesi Utara.

Mempertimbangkan kondisi dinamika atmosfer dan lautan tersebut di atas serta keluaran dari perhitungan statistik matematika dan software HyBMG ver. 2.0, maka prakiraan hujan bulan September 2019 di Provinsi Sulawesi Utara adalah sebagaimana dijabarkan di bawah ini.

zonautara.com
Zonautara.com

1. KRITERIA RENDAH (0 – 100 mm)

Bitung (SM), BKPI Aertembaga, UPTD Danowudu, UPT Matuari, BPP Tomohon Tengah, BPP Tomohon Utara, BPP Tomohon Selatan, BPP Tomohon Barat, Tondano (SG), BPP Langowan Utara, UPTD Kawangkoan, KD Tanawangko, UPTD Kombi, BPP Pineleng, KC Sonder, BPP Remboken, BPP Tombulu, BPP Tondano Selatan, BPP Tompaso, DISTAN Airmadidi, KD Likupang Barat, UPTD Wori, UPTD Tatelu, UPTD Kema I, BPP Likupang Timur, BPP Likupang Selatan, UPP Tenga, UPTD Modoinding, DISBUN Tumpaan, KD Tareran, UPTD Tompaso Baru, BPP Motoling,  BBTPH Tumpaan, BPP Sinonsayang, BPP Amurang Barat, UPTD Ratahan, TCSDP Tombatu, KC Ratatotok, BPP Belang, BPP Touluaan, BPP Pusomaen, BPP Kotamobagu Barat, BPP Kotamobagu Timur, BPP Kotamobagu Selatan, KC Poigar, KC Poigar, KD Motabang – Lolak, BPP Dumoga Timur, BPP Dumoga Barat, BPP Lolayan, KD Pangian Barat, BPP Passi Barat, BPP Lolak, BPP Sangtombolang, BPP Dumoga Utara, BPP Bolaang Timur, BPP Modayag, UPP Kotabunan, KD Molobog – Nuangan, BPP Tutuyan, PGR Tagulandang, BPP Siau Tengah.

2. KRITERIA MENENGAH (101 – 300 mm)

Paniki Atas (SK), Winangun (SG), Sam Ratulangi (SM), KC Tuminting, P. Bunaken, BP4K Manado, KP Pandu, SPPN Kalasey, UPK Pinolosian, KC Bolaang Uki, BPP Pinolosian Timur, BPP Pinolosian Tengah, BPP Posigadan, BPP Sangkub, BPP Bintauna, BPP Bolangitang Timur, BPP Bolangitang Barat, BPP Kaidipang, BPP Pinogaluman, Naha (SM), KD Mala – Tahuna, Bandara Melonguane, BPP Beo, BPP Lirung, BPP Melonguane.

3. KRITERIA TINGGI (301 – 500 mm)

– Tidak terjadi

4. KRITERIA SANGAT TINGGI (> 500 mm)

– Tidak terjadi

Demikian prakiraan hujan bulan September 2019, dapat disimpulkan bahwa kondisi di wilayah Sulawesi Utara cenderung masih kering dengan kriteria curah hujan rendah hingga menengah.

Perlu diwaspadai untuk daerah – daerah yang mengalami kekeringan akibat semakin berkurangnya air dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan untuk mencegah potensi terjadinya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan).

Penulis adalah Forecaster BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com