Ini ikan air tawar terkecil dan teraneh di dunia

  • Share
zonautara.com
Paedocypris progenetica jantan.(Image: Tan Heok Hui)

ZONAUTARA.com Tidak banyak yang tahu mengenai Paedocypris progenetica merupakan ikan air tawar terkecil di dunia. Ikan jenis ini ditemukan di kawasan rawa gambut Sumatera sejak tahun 2005 ikan air tawar terkecil di dunia.

Ikan Paedocypris progenetica hanya memiliki panjang 7,9 milimeter untuk betinanya dan rata-rata 9,8 milimeter untuk jantannya. Dengan ukuran tubuhnya yang mungil, Paedocypris progenetica dapat tersamar seperti larva hewan air.

Ikan jenis ini ternyata mampu bertahan hidup ketika musim kering dengan cara berlindung di genangan air dangkal di rawa-rawa. Paedocypris progenetica hidup dengan mengonsumsi plankton di dasar rawa berair gelap kecoklatan, tempat mereka hidup.

Baca Pula:  Panic buying saat Corona, berikut pemicunya

Ikan ini malah bisa hidup di daerah rawa yang tingkat keasamannya tinggi, yaitu mencapai pH 3, atau 100 kali lebih asam daripada air hujan. Paedocypris progenetica masuk dalam genus Paedocypris dan bagian dari keluarga famili Cyprinidae.

zonautara.com
Paedocypris progenetica di jari orang dewasa.(Image: Tan Heok Hui)

Dari penemuan ini, para ilmuwan menyimpulkan bahwa rawa gambut adalah ekosistem yang menjadi rumah bagi banyak satwa yang tidak ditemukan di ekosistem lain.

Ralf Britz, seorang zoologist yang bekerja di Natural History Museum mengatakan bahwa ini adalah ikan yang paling aneh yang pernah ia lihat sepanjang karir keilmuannya.

Baca Pula:  10 obat alami kembalikan indra penciuman saat corona

“Ikan ini kecil, hidup dalam air asam dan memiliki bentuk sirip yang menggenggam aneh. Saya harap kita memiliki waktu untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka sebelum habitat mereka menghilang sepenuhnya,” kata Ralf.

Baca: Paedocypris progenetica, ikan terkecil yang hidup di alam Indonesia

Editor: Rahadih Gedoan



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com