bar-merah

NTP Sulut turun akibat kenaikan harga barang komoditi

zonautara.com
Warga yang belanja di Pasar Pinasungkulan Karombasan.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

MANADO, ZONAUTARA.com – Kenaikan harga barang komoditi yang dikonsumsi rumah tangga menyebakan Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara (Sulut) turun pada bulan Agustus 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut mencatat NTP pada bulan Agustus 2019 hanya sebesar 94,15 atau turun 0,49 persen dibanding bulan sebelumnya.

“Pada bulan Juli dengan nilai NTP masih 94,61,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Marthedy M Tenggehi melalui Berita Resmi Statistik.

Dijelaskannya lagi, NTP selama tahun kalender 2019 juga mengalami penurunan sebesar 1,29 persen, dan secara year on year turut turun sebesar 1,12 persen. 

“Sedangkan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian pada Agustus naik 1,06 persen; dari nilai 106,86 di bulan Juli menjadi 107,99 di bulan Agustus,” terangnya.

zonautara.com
Warga yang belanja di Pasar Pinasungkulan Karombasan.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Dijelaskannya, di wilayah perdesaan Sulut terjadi inflasi sebesar 2,08 persen. Semua kelompok mengalami inflasi, dan inflasi tertinggi terdapat pada kelompok bahan makanan.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com