BITUNG, ZONAUTARA.com – Pusat Pengembangan Anak (PPA) Karang Kekal Batuputih menggelar sosialisasi tentang bagaimana cara yang cerdas bermedia sosial, yang dilaksanakan di gedung PPA Kelurahan Batuputih, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, pada Jumat (6/9/2019).

Sosialisasi yang diikuti oleh anak usia 9 – 18 tahun ini menerima materi bagaimana bermedia sosial dengan bijak dan juga dapat memanfaatkan media sosial untuk hal positif.

Materi yang dibawakan oleh jurnalis Zona Utara, Ronny Buol ini mengajarkan kepada para anak dan remaja tersebut bagaimana mengetahui berita hoax di media sosial, agar mereka tidak mudah menyebarkan postingan hoax.

Coordinator Project Director PPA Karang Kekal, Masni Lambayang mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat berguna karena melihat kehidupan anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan smartphone dan media sosial.

“Materi ini memang telah menjadi program dari kami untuk menambah pengetahuan anak-anak,” kata Masni.

Alasan lain diadakannya sosialisasi ini karena ada pengalaman buruk yang dialami PPA Karang Kekal terkait media sosial. Ada akun media sosial milik anak PPA di yang pernah menyebarkan gambar tidak senonoh yang merugikan temannya sendiri, yang juga merupakan sesama anak PPA.

“Kami sudah memberikan pengajaran kepada anak-anak tersebut dengan membuat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Makanya kami adakan sosialisasi tentang Cerdas di Media Sosial agar kejadian seperti itu tidak akan terulang lagi,” ungkap Masni.

Editor: Rahadih Gedoan




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id