bar-merah

Video mengharukan Habibie dan Xanana Gusmao berpelukan haru

ZONAUTARA.com – Sebuah video berdurasi pendek yang menggambarkan B.J. Habibie berpelukan dengan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao beredar. Video itu menampilkan adegan mengharukan.

Dikutip dari Kompas.com, Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Dewi Fortuna Anwar membenarkan kejadian yang terlihat dalam video berdurasi 16 detik tersebut.

“Itu terjadi pada 22 Juli 2019, pukul 10.00 – 11.00,” jelas Dewi, saat dikonfirmasi pada Kamis (12/9/2019) sore.

Xanana yang dalam video itu terlihat mengenakan kemeja batik tampak duduk di samping tempat tidur Habibie yang terbaring dan ditutupi selimut.

Xanana membungkukkan badannya lalu terlihat mencium dahi Habibie. Sebelumnya Xanana mengucapkan beberapa kata sambil menepuk-nepuk bagian dada Habibie.

Habibie kemudian terlihat merangkul Xanana yang membuat kepala Xanana jatuh di atas dada Habibie. Moment mengharukan terekam pada video itu.

Menurut Dewi, saat momen itu terjadi beberapa orang menyaksikannya. Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos dan kerabat Habibie hadir di situ.

Hubungan keduanya

Xanana memang punya hubungan special dengan Habibie. Xanana adalah tokoh politik Timor Leste yang sempat ditahan sewaktu pemerintahan Soeharto.

Saat Habibie menggantikan Soeharto sebagai presiden, Xanana dibebaskan dari tahanan politik. Habibie juga sangat berperan dalam kemerdekaan Timor Leste.

Di masa pemerintahannya, referendum Timor Timur digelar pada tahun 1999. Hasilnya Timor Timur merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia. Presiden RI kala itu dijabat oleh Habibie.

Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, setelah sebelumnya dirawat intensif.

Jenazah Habibie telah dikuburkan pada Kamis (12/9) pagi di samping kubur istrinya, Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com