[FLASH]: Menteri di Kabinet Jokowi jadi tersangka KPK

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (tengah) bersiap menjadi saksi dalam sidang suap dana hibah dari pemerintah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Dalam sidang tersebut mereka memberikan keterangan saksi untuk terdakwa Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana, serta staf Kemenpora Adhi Purnomo dan Eko Triyanta. ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.



ZONAUTARA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat kejutan di akhir masa jabatan periode kepemimpinan 2015-2019

Salah seorang Menteri dalam Kabinet Jokowi-JK, Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, Selasa (18/9/2019).

Fakta dalam berita:

  • Imam Nahrawi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Dia ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi terkait dana hibah KONI di Kemenpora.
  • Selain Imam, KPK juga menetapkan Miftahul Ulum sebagai tersangka.
  • Miftahul merupakan asisten Menpora. Miftahul sudah lebih dulu menjadi tersangka.
  • Imam diduga menerima suap senilai Rp 14,7 miliar yang diterimanya dari Miftahul selama periode 2016-2018.
  • Imam juga meminta uang senilai Rp 11,8 milyar. Total yang disangkakan diterima Imam sebesar Rp 26,5 milyar.
  • Imam diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.
  • Imam merupakan Menpora kedua yang terjerat kasus korupsi. Pada Desember 2012, Menpora kala itu, Andi Mallarangeng pernah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus Hambalang.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com