Connect with us

EDITOR'S PICK

Presiden salahkan pencegahan soal kebakaran hutan dan lahan

Jokowi menilai berbagai perangkat di pemerintah daerah tidak bekerja optimal.

Bagikan !

Published

on

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019). (Foto: Antara)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo menilai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat ini terus terjadi lantaran pemerintah daerah tidak optimal menjalankan tugasnya, terutama dalam pencegahan.

Jokowi menekankan pentingnya peran berbagai perangkat di pemerintah daerah. Presiden menilai titik api dapat dengan mudah diketahui dan dipadamkan jika berbagai perangkat di bawah pemerintah daerah diaktifkan secara optimal,

“Jadi kuncinya ada di pencegahan, jangan sampai ada satu titik api muncul dan dibiarkan,” ujar Jokowi, saat membuka rapat terbatas di Riau, Senin (16/9/2019).

Jokowi mengaku geram dengan karhutla saat ini. Pasalnya, bencana seperti ini terus berulang terjadi dalam setiap tahun.

Menurutnya, dia terus mengingatkan bawahannya soal potensi karhutla. Hanya saja, kasus kebakaran tetap terjadi setiap tahun karena tak belajar dari peristiwa sebelumnya.

Presiden bahkan menyebut, karhutla telah mencapai puluhan ribu hektar.

“Ini kami lalai lagi sehingga asapnya menjadi membesar,” kata Jokowi.

Baca juga: Karhutla di Sulut capai 768 hektar

Jokowi mencontohkan, imbauannya untuk mencegah karhutla telah disampaikan ketika rapat di Istana Negara, Jakarta pada 15 Juli 2019. Ketika itu dirinya meminta agar pencegahan dilakukan selama musim kemarau. 

Sebab jika kebakaran sudah terjadi di lahan gambut sangat sulit untuk dipadamkan.

“Sudah saya ingatkan berkali-kali, yang dihadapi bukan hutan tapi lahan gambut. Kalau sudah terbakar, habis berapa juta liter air pun masih sulit dipadamkan,” kata Jokowi.

Saat ini pemerintah telah menetapkan status siaga darurat karhutla di Riau dengan tujuan proses pemadaman kebakaran semakin masif. Presiden juga memerintahkan Panglima TNI dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk membuat hujan buatan dalam skala besar di wilayah itu.

Dia juga meminta aparat hukum menindak tegas perusahaan dan individu yang menyebabkan karhutla.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

HEADLINE

Jokowi ingin wujudkan mimpi Indonesia menjadi besar pada 2045

Presiden sangat yakin mencapainya karena semua potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Bagikan !

Published

on

Joko Widodo saat pelantikan Presiden RI. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo menginginkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar pada tahun 2045. Pada saat itu Indonesia telah mencapai usia satu abad.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan pertamanya sebagai Presiden RI 2019-2024 di Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10/2019).

Jokowi menginginkan pada tahun 2045 nanti, Indonesia sudah keluar dari jebakan daftar negara berpenghasilan menengah.

“Kita harus masuk dalam daftar lima negara ekonomi besar dunia. Kita harus menuju kesana. Target itu sangat masuk akal untuk kita capai,” ujar Jokowi.

Namun Jokowi mengingatkan bahwa cita-cita itu tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus disertai dengan kerja keras, kerja cepat dan kerja produktif.

Baca juga: Selamat Bekerja Pak

“Perkembangan dunia sangat dinasmis, punya resiko dan kompetitif. Kita harus mengembangkan cara dan nilai baru. Jangan terjebak dalam rutinitas yang monoton,” kata Jokowi.

Menurutnya inovasi harus menjadi budaya, sembari memberi nasehat kepada para menteri dan pejabat, bahwa tugas utama bukan hanya membuat kebijakan tetapi membuat masyarakat menikmati pelayanan dan pembangunan.

“Tugas birokrasi adalah making deliverd. Kita memiliki bonus demografi yang sangat besar. Ini menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan,” kata Jokowi.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com