bar-merah

2 aplikasi andriod ini sebaiknya dihapus dari handphone anda

adware android
Ilustrasi (Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Pernah merasa bahwa iklan begitu menganggu saat sedang menggunakan aplikasi berbasis android di handphone anda? Sebaiknya segera periksa apakah dua aplikasi berikut terinstall di system handphone anda.

Kedua aplikasi tersebut akan menjalankan iklan pop up yang memberi penghasilan uang bagi pengembangnya setiap kali iklan di klik. Bahkan bagi pengguna yang mencoba menutup pop iklan itu, adware yang telah jalan itu akan terus berjalan di latar belakang.

Pihak Google Playstore memang telah menghapus kedua aplikasi yang telah diunduh sampai 1,5 juta kali itu. Tapi mungkin keduanya masih terinstall dan sering anda pakai.

Kedua aplikasi itu adalah Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Camera. Dari hasil telusur para peneliti di Wandera, kedua aplikasi bahkan dilengkapi dengan sejumlah kode yang menggangu perilaku pengguna.

Kedua aplikasi bahkan bisa merekam audio dan menggunakan mikrofon untuk mendengarkan apa saja suara yang tertangkap di sekitar pengguna.

Sejak tersedia di Play Store pada September 2017, Sun Pro Beauty Camera telah diunduh lebih dari satu juta kali. Sementara Funny Sweet Beauty Camera yang dirilis pada Juli tahun lalu bahkan diunduh sampai 500 ribu kali hanya dalam dua bulan.

Kedua aplikasi ini diterbitkan oleh pengembang resmi, tetapi dapat melewati pemeriksaan keamanan Google.

Sumber: Suara.com

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com