Connect with us

Hukum dan Kriminal

Pemilik sabu 19,36 gram dibui 11 tahun

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comMajelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano menjatuhkan vonis terhadap terdakwa kasus kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu seberat 19,36 gram, dalam sidang yang digelar Selasa (1/10/2019).

Terdakwa, yakni Rusli alias Uli (29), warga Desa Siavu, Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), divonis pidana penjara selama 11 tahun.

Tak hanya dipenjara, terdakwa pun diharuskan membayar denga sebesar Rp800 juta subside dua bulan penjara.

Hal tersebut dibeberkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tomohon Edy Winarko melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke Rabeta.

“Dalam amar putusannya, Majelis Hakim Djainuddin Karanggusi selaku Ketua didampingi Frans Pangemanan dan Arni M. Thalib selaku Anggota menyatakan, terdakwa Rusli terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 112 Ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar Wilke.

Dia mengatakan, putusan Hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tomohon Mariska Jennifer Kandou yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 12 tahun.

“Atas putusan Hakim itu, terdakwa menyatakan menerima putusan,” tutur Wilke.

Dia menjelaskan, sebagaimana yang terungkap di persidangan, kasus tersebut berawal saat terdakwa Rusli pada Mei 209 lalu membawa narkotika jenis sabu dengan berat total 19,36 gram dari Parigi Muotong dan hendak di jual di Kota Manado.

Namun, sebelum sampai di Kota Manado tepatnya di Kecamatan Tanawangko, Tim Sat Res Narkoba Polres Tomohon berdasarkan informasi dari masyarakat berhasil menangkap terdakwa.

Saat digeledah, petugas mendapatkan barang bukti sabu-sabu yang sudah dalam keadaan dibungkus lakban berwarna coklat dan disimpan di dalam saku celana terdakwa.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Hukum dan Kriminal

Dua remaja pelaku pengeroyokan di Taratara diamankan Polisi

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Tim Resmob dan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon mengamankan dua remaja lelaki yang diduga melakukan penganiayaan secara bersama-sama di Kelurahan Taratara, Kecamatan Tomohon Barat, sekitar pukul, Rabu (20/11/2019) malam.

Dua remaja tersebut, yakni AMN alias Andre (17) dan AM alias Ansel (15), keduanya warga Kelurahan Taratara, diduga melakukan pengeroyokan terhadap korban Rivo, warga Kelurahan Woloan Satu Utara.

Tim Resmob yang dipimpin Bripka Bima Pusung dan URC Totosik yang dikomandani Bripka Yanny Watung yang mendapatkan informasi dari warga tersebut langsung bergerak menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan pengembangan.

Kapolres Tomohon melalui Kasat Reskrim Iptu Yulianus Samberi mengatakan, setelah menerima info, pihaknya langsung melakukan pengembangan di lokasi kejadian dan mengejar para terduga pelaku.

“Saat ditelusuri ternyata benar ada terjadi penganiayaan secara bersama-sama, kemudian tim langsung mencari informasi di TKP dan mengamankan dua terduga pelaku penganiayaan,” ujarnya.

Dari hasil interogasi, kata Samberi, pengeroyokan tersebut berawal saat tersangka Ansel yang menggunakan profil pacarnya menghubungi korban melalui aplikasi WhatsApp dan meminta menjemputnya di daerah pesona alam.

Usai berkomunikasi dengan korban, pelaku Ansel kemudian memanggil rekannya pelaku Andre untuk menemaninya bertemu dengan korban.

“Saat korban berada di lokasi, lelaki Ansel mengambil sebatang kayu dan menghadang korban kemudian memukul korban dengan sebatang kayu yang mengena di bagian wajah korban lalu, lelaki Andre memukul korban di wajah. Korban lalu mencoba lari namun korban terjatuh di saluran irigasi, namun lelaki Andre mengejar korban dan sempat memukul hingga menendang korban,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat itu lelaki Andre memegang pisau di tangan kirinya, namun dirampas oleh lelaki Ansel agar tidak digunakan.

Menurut dia, saat ini kedua pelaku sudah diamankan di Mapolsek Tomohon tengah bersama barang bukti untuk diproses hukum.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com