Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot latih puluhan pemandu wisata

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon yang kaya akan wisata alam dituntut untuk memiliki pemandu wisata.

Jika tidak, para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Tomohon akan sulit untuk menemukan lokasinya.

Buktinya, beberapa wisatawan mancanegara beberapa waktu lalu sempat tersesat di salah satu destinasi wisata alam di Tomohon.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pariwisata mengumpulkan para pemandu wisata atau guide dan dilatih dalam pelatihan yang digelar di Wise Hotel, Selasa (1/10/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang saat membuka kegiatan mengatakan, sarana dan prasarana penunjang kepariwisataan sudah tersedia di Kota Tomohon.

Saat ini, kata Lolowang, yang dibutuhkan adalah peran para pemandu untuk mengarahkan para wisatawan agar bisa sampai dan menikmati wisata alam yang dimiliki.

“Pemandu wisata adalah pekerjaan dan profesi yang menggabungkan hobi, keahlian dan kesenangan dengan efek ganda bagi perekonomian, sehingga dapat berlangsung seumur hidup,” ujar Lolowang.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi sinkronisasi kinerja para pemangku kepentingan dalam meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai primary tourism destination yang kompetitif di kawasan Indonesia Timur secara khusus dan Indonesia secara keseluruhan.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pijoh dalam laporannya mengatakan, ada sebanyak 50 orang orang yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Peserta nantinya mendapatkan sertifikat pelatihan dan menjadi pemandu wisata pemula untuk nantinya bergabung dalam wadah Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Tomohon,” ujarnya.

Wakil Ketua HPI Tomohon Djufry Rorong menegaskan, pihaknya telah berkomitmen
untuk majukan pariwisata di Sulut dan khususnya di Kota Tomohon.

“Karena Tomohon menjadi tujuan utama untuk wisata pengamatan burung langkah, yakni di seputaran gunung Mahawu, serta wisata gunung api dan wisata alam lainnya yang hanya dimiliki Tomohon,” tuturnya.

Tampil sebagai narasumber dalam pelatihan itu Merry Karowan, Ketua ASPPI Sulut Jefry Rompis, Ketua HPI Sulut Roy Koleangan dan Ketua HPI Tomohon Jotje Lala.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pelaksana proyek LPP laporkan identitas ratusan pekerjanya

Published

on

Pimpinan proyek LPP saat menyerahkan identitas pekerjanya kepada Lurah Kolongan Satu. (Foto: zonautara.com)

TOMOHON, ZONAUTARA.comBuntut inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Kepala Kelurahan (Lurah) Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah beberapa waktu lalu, pimpinan proyek Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Manado di Tomohon akhirnya melaporkan identitas para pekerjanya.

Identitas para pekerja yang mayoritas berasal dari luar Kota Tomohon tersebut diterima langsung oleh Lurah Jones A Mait, Jumat (8/11/2019).

Mait pun menyambut baik dan mengapresiasi pelaksana proyek yang sudah memenuhi permintaan Pemerintah Kelurahan terkait identitas pekerja yang telah beraktivitas kurang lebih satu bulan tersebut.

“Iya, kami telah menerima identitas dari para pekerja di proyek LPP dari pimpinan proyek dan kami menyambut baik hal ini,” ujar Mait.

Menurut dia, harus dilaporkannya identitas para pekerja tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Project Manager pembangunan LPP Muhammad Hasan menjelaskan, ada sekitar 120 pekerja yang telah dilaporkan.

“Identitas seluruh pekerja telah kami laporkan. Ada sekitar 130 pekerja. Sebagian lagi ada yang sudah pulang,” ujar Hasan.

Menurut dia, tidak lagi ada masalah yang berkaitan dengan pekerja di lokasi proyek.

“Kalau rumor soal masalah gaji yang tidak terbayarkan tidak tersalurkan, itu karena ulah mandor dan kru-krunya. Tapi itu semua sudah kami penuhi dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com