Connect with us

Zona Sulut

Pengungsi Wamena asal Sulut akan pulang difasilitasi Pemprov

Ada sekitar 167 warga Sulut yang akan segera pulang ke Manado.

Bagikan !

Published

on

bandara wamena
Bandara Wamena (Foto: Zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

ZONAUTARA.com – Warga Sulawesi Utara yang terdampak peristiwa kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua akhir September lalu yang akan pulang ke Manado, akan difasilitasi Pemerintah Provinsi Sulut.

Dikutip dari Antara News (Rabu, 9/10/2019), Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan Pemprov akan membantu memulangkan dengan menggunakan pesawat hercules milik TNI.

“Mungkin sebanyak 167 warga Sulut yang akan pulang ke Manado, pihak TNI AU memberikan gratis, jadi tidak ada masalah,” ujar Kandouw.

Kandouw menjelaskan bahwa Pemprov Sulut bertindak cepat usai pasca kejadian di Wamena, dengan mengirimkan tim ke lapangan dan menyalurkan bantuan yang diperlukan pengungsi.

“Tadi Kaban Kesbangpol, Karo Pemerintahan dan Kepala BPBD Sulut sudah melaporkan bahwa puji Tuhan semua warga Sulut di Wamena dalam keadaan aman, sehat dan tenteram,” ujar Kandouw.

Bantuan yang diberikan berupa makanan dan minuman dan bahan lainnya, yang telah didistribusikan.

Kandouw juga berpesan dan meminta warga Papua yang sedang menyelesaiakan studi di Sulut untuk tidak khawatir.

“Kami menyambut baik. Tetap kita satu keluarga ciptaan Tuhan. Silahkan kembali melanjutkan studi kalian di sini, tak ada dendam di antara kita. Orang Papua yang ada di Sulut boleh anggap kampung halaman sendiri. Jadi tak usah ragu berada di Sulut,” katanya.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

KABAR SULUT

Kader Pelita ini serukan komitmen amankan pelantikan Presiden dan Wapres

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Dukungan dan doa terus mengalir untuk Indonesia yang damai, serta lancar dan suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin yang akan dilaksanakan Minggu (20/10/2019) besok.

Kali ini, giliran masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang menggelar aksi damai bertajuk Parade Kebangsaan Sulut Cinta Damai, yang mengambil start dari Lapangan KONI Sario dan finish di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado, Sabtu (19/10).

Salah satu kader Pemuda Lintas Agama (Pelita) yang juga Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon Zamroni Khan, turut menyampaikan orasi di depan sekitar 45 ribu masyarakat yang hadir dalam kegiatan yang diprakarsasi FKUB Provinsi dan KNPI yang diketuai Jackson Kumaat ini.

Zamroni pun menyerukan komitmennya untuk mengamankan dan mengamini terlaksananya pelantikan Presiden dan Wapres RI terpilih Minggu besok.

Zamroni juga secara tegas menyatakan menolak paham radikalisme dan aliran garis keras yang mengancam keutuhan bangsa, ujaran kebencian dan hoaks.

“Kami juga secara tegas menolak aksi demonstrasi yang anarkis. Mari kita tetap jaga kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam aksi damai tersebut, Ketua FKUB Provinsi Sulut Pdt Lucky Rumopa, Danrem 131/Santiago, Wakapolda Sulut, Asisten I Pemprov Sulut dan Ketua KNPI Sulut Jackson Kumaat.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com