Connect with us

Zona Wakil Rakyat

Formasi CPNS Sulut 519 Orang, Guru untuk daerah kepulauan

Penerimaan CPNS akan dibuka akhir Oktober 2019.

Bagikan !

Published

on

Komisi I saat berkunjung ke Kemenpan-RB, pekan lalu

Manado, ZONAUTARA.com – Berdasarkan hasil kunjungan kerja Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Sulawesi Utara di Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 akan dibuka di pekan ke tiga atau ke empat, bulan Oktober ini.

Untuk jatah formasi, menurut Ketua Komisi I, Vonny Paat adalah sebanyak 519. Dengan rincian tenaga kesehatan sebanyak 34, tenaga pendidikan 425 orang dan tenaga teknis 60 orang.

“Untuk tenaga teknis, kualifikasi yang dibutuhkan adalah pangan, lingkungan, pengelolaan, aset serta Pekerjaan Umum (PU),” ungkap Paat, Minggu (20/10/2019) malam.

Untuk tenaga kesehatan yang dibutuhkan, menurut Paat adalah dokter dan perawat.

“Sedangkan untuk tenaga guru akan disebar di sekolah SMA dan SMK terutama di wilayah kepulauan yang nantinya akan diatur oleh BKD masing-masing daerah,” ungkap Paat.

Sementara untuk P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), menurut Paat belum akan ada penambahan di tahun ini.

“Jika ada seleksi, akan sama dengan seleksi CPNS, meski passing grade-nya berbeda atau diturunkan. Untuk seleksi nanti, berdasarkan tes kompetensi dasar. Yakni Wawasan Kebangsaan, Intelegensia Umum, Kepribadian dan selanjutnya passing grade,” terang Paat lagi.

Kamis (17/10/2019) pekan lalu, Paat bersama para personel komisi I, di antaranya Arthur Kotambunan, Winsulangi Salindeho, Imelda N Rewah, Muslimah Mongilong dan Johny Panambunan mendatangi kantor KemenPAN-RB mengkonsultasikan seleksi CPNS 2019 untuk Sulut. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

KABAR SULUT

Wenny Lumentut: 14 hari libur bukan untuk bepergian

Published

on

Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut Wenny Lumentut. (Foto: Istimewa)

MANADO, ZONAUTARA.com Pemerintah di berbagai daerah di Indonesia mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah-sekolah, hingga para Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 14 hari.

Langkah tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 yang telah ada di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Terkait kebijakan tersebut, Ketua Fraksi Nyiur Melambai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut Wenny Lumentut mengimbau, siswa, mahasiswa hingga para ASN agar tidak memanfaatkan kebijakan libur tersebut untuk bepergian ke tempat-tempat wisata dan keramaian.

“14 hari libur ini diambil agar kita bisa menghindari pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang, sehingga mencegah tertular virus Corona. Sehingga, libur 14 hari jangan digunakan untuk bepergian,” kata Lumentut, Selasa (17/3/2020).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut ini pun berharap, siswa hingga mahasiswa dapat melakukan aktifitias pembelajaran secara mandiri di rumah atau secara daring dan para ASN dapat melakukan melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus datang ke kantor.

“Ini semua demi kebaikan kita bersama dan juga merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona ini,” tuturnya.

Lumentut pun berharap masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Masyarakat juga tidak perlu panik, namun tentu tetap waspada dengan terus menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang virus ini,” pungkas legislator Daerah Pemilihan Tomohon-Minahasa ini. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com