bar-merah

Menanti kejutan menteri muda dalam Kabinet Kerja jilid 2

susunan kabinet jokowi
Presiden Joko Widodo bersama keluarga. (Foto: Setneg)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo menyatakan akan memperkenalkan susunan Kabinet Kerja Jilid II pada hari ini, Senin (21/10/2019).

Tidak ada yang benar-benar tahu siapa saja yang dipercayakan Jokowi menjadi pembantu presiden dalam Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin kedepan, sampai nama-nama itu diumumkan sendiri oleh Presiden.

Namun dalam beberapa kesempatan, Jokowi kerap memberikan signal komposisi para menterinya nanti. Salah satu signal yang diberikan oleh Jokowi adalah terakomodirnya menteri dari kalangan generasi muda.

Calon menteri muda yang dimaksud Jokowi di bawah usia 35 tahun, bahkan ada yang di bawah 30 tahun.

“Mereka berasal dari profesional, bukan partai. Punya pengalaman manajerial yang kuat,” ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Publik menebak calon menteri muda yang dimaksud Jokowi berasal dari kalangan pengusaha start up. Namun ketika ditanya soal itu, Jokowi hanya tersenyum.

Wajah baru

Jokowi juga memberi petunjuk lain bawah dalam komposisi Kabinet Kerja Jilid II akan diisi oleh banyak wajah baru.

“Ya ada lah, yang lama ada, yang baru banyak,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi memastikan bahwa ada calon menteri yang berasal dari Papua. Dalam Kabinet Kerja Jilid I, menteri yang berasal dari Papua adalah Yohana Yembise yang menduduki Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak.

Di beberapa kesempatan Jokowi mengungkapkan bahwa komposisi Kabinetnya nanti akan terdiri dari 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen dari kalangan partai politik.

Pada Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin ini juga akan ada dua kementerian baru yakni Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Investasi.

Sementara beberapa kementerian akan dilebur menjadi satu.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com