Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Menanti kejutan menteri muda dalam Kabinet Kerja jilid 2

Akan ada dua kementerian baru.

Bagikan !

Published

on

susunan kabinet jokowi
Presiden Joko Widodo bersama keluarga. (Foto: Setneg)

ZONAUTARA.com – Presiden Joko Widodo menyatakan akan memperkenalkan susunan Kabinet Kerja Jilid II pada hari ini, Senin (21/10/2019).

Tidak ada yang benar-benar tahu siapa saja yang dipercayakan Jokowi menjadi pembantu presiden dalam Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin kedepan, sampai nama-nama itu diumumkan sendiri oleh Presiden.

Namun dalam beberapa kesempatan, Jokowi kerap memberikan signal komposisi para menterinya nanti. Salah satu signal yang diberikan oleh Jokowi adalah terakomodirnya menteri dari kalangan generasi muda.

Calon menteri muda yang dimaksud Jokowi di bawah usia 35 tahun, bahkan ada yang di bawah 30 tahun.

“Mereka berasal dari profesional, bukan partai. Punya pengalaman manajerial yang kuat,” ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Publik menebak calon menteri muda yang dimaksud Jokowi berasal dari kalangan pengusaha start up. Namun ketika ditanya soal itu, Jokowi hanya tersenyum.

Wajah baru

Jokowi juga memberi petunjuk lain bawah dalam komposisi Kabinet Kerja Jilid II akan diisi oleh banyak wajah baru.

“Ya ada lah, yang lama ada, yang baru banyak,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi memastikan bahwa ada calon menteri yang berasal dari Papua. Dalam Kabinet Kerja Jilid I, menteri yang berasal dari Papua adalah Yohana Yembise yang menduduki Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak.

Di beberapa kesempatan Jokowi mengungkapkan bahwa komposisi Kabinetnya nanti akan terdiri dari 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen dari kalangan partai politik.

Pada Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin ini juga akan ada dua kementerian baru yakni Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Investasi.

Sementara beberapa kementerian akan dilebur menjadi satu.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

Politik dan Pemerintahan

Nasdem restui Vonnie Panambunan jadi calon Gubernur Sulut

Vonnie yakin akan menang.

Bagikan !

Published

on

Vonnie Panambunan. (Foto: Febri Kondongan)

ZONAUTARA.COM – Partai Nasdem merestui Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara dalam Pilkada Sulut mendatang.

Restu itu dalam bentuk surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat Partai Nasdem. Vonnie diberi kewenangan untuk mencari calon Wakil Gubernur sendiri yang dirasa cocok berpasangan dengannya.

Terkait dengan restu dan surat rekomendasi tersebut, Ketua DPW Nasdem Sulawesi Utara, Maximilan Jonas Lomban mengakui bahwa pihaknya juga sudah menerima surat rekomendasi tersebut, yang berisi penugasan untuk Vonnie maju sebagai bakal calon Gubernur Sulut.

“Informasi hingga saat ini, ada tiga nama yang sedang digodok di tingkatan DPP siapa yang akan mendampinginya. Keputusan ada di tangan kakak VAP (sebutan untuk Vonnie) dan DPP Nasdem,” ujar Lomban.

Lomban juga memberi instruksi kepada seluruh potensi Nasdem untuk bersatu pada mendukung calon yang mendapatkan dukungan dari DPP. Instruksi itu juga diikuti dengan deklarasi dan pernyataan sikap untuk memenangkan Vonnie.

“Saya ajak semua potensi yang ada untuk bersatu padu. Sebagai Ketua DPW, saya memberikan instruksi kepada seluruh tingkatan NasDem di Sulut untuk memenangkan VAP di Pilgub Sulut. Ini deklarasi kami atau pernyataan sikap untuk memenangkan VAP,” ujar Lomban.

Sementara itu Vonnie mengatakan dirinya sangat bersyukur kepada Tuhan karena dia dan cita-citanya telah terjawab.

“Saya yakin Nasdem menang,” ujar Vonnie.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com