Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Menkominfo Johnny Plate disorot SAFENet

Johnny merupakan menteri dari kalangan politikus.

Bagikan !

Published

on

Menkominfo Johnny Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate (Foto: Istimewa)

ZONAUTARA.com – Johnny Gerard Plate yang dipercaya Presiden Joko Widodo menduduki jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mendapat sorotan dari Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFENet).

Sorotan itu terkait latar belakang Johnny yang berasal dari kalangan politikus. Direktur Eksekutif SAFENet Damar Juniarto mengatakan periode pertama pemerintahan Jokowi, profesional diangkat sebagai Menkominfo. Rudiantara memang bukan berlatar belakang politik, tapi sebagai profesional yang berkecimpung di sektor teknologi komunikasi informatika (TIK/ICT).

“SAFEnet menilai kembalinya jatah kursi Menkominfo ke parpol menunjukkan arah gerak Kemenkominfo ke depan perlu diawasi terkait banyaknya persoalan yang harus segera diselesaikan oleh Menkominfo yang baru,” kata Damar dalam keterangan resmi yang diterima¬†Zonautara.com, Rabu (23/10).

Baca juga: Inilah susunan Kabinet Indonesia Maju

Johnny menggantikan Rudiantara untuk menjabat sebagai Menkominfo periode 2019-2024. Johnny sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Partai Nasdem dan duduk di Komisi XI DPR RI periode 2014-2019 mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I.

Kendati demikian, Damar mencatat Johnny condong ke isu-isu media dan kebebasan berekspresi.

“Johnny G Plate berasal dari parpol Nasdem dan berlatar belakang pengusaha. Rekam jejaknya di bidang komunikasi minim, tetapi SAFEnet mencatat Menkominfo yang baru ini memiliki keberpihakan pada isu-isu media dan kebebasan berekspresi,” jelasnya.

Damar membeberkan sembilan masalah di Kemenkominfo yang perlu segera diatasi:

1. Cabut pasal-pasal karet di UU ITE.
2. Terbitkan UU perlindungan data pribadi warga.
3. Stop pemadaman internet.
4. Memperjelas mekanisme penapisan internet.
5. Perbaiki isi pasal 26 UU ITE agar tidak disalahgunakan untuk sensor.
6. Susun UU Keamanan Siber yang menghormati keamanan individu.
7. Perbaiki upaya penanggulangan hoaks dengan melibatkan multi-stakeholders.
8. Tanggulangi kekerasan terhadap perempuan dan kelompok minoritas lewat daring secara serius.
9. Memperbaiki UU Penyiaran agar menjaga tetap demokratis dan independen.

“Semoga Menkominfo yang baru, siap mengemban dan memperbaiki kondisi hak-hak digital di Indonesia,” ujar Damar.¬† (*)

Bagikan !

Politik dan Pemerintahan

Nasdem restui Vonnie Panambunan jadi calon Gubernur Sulut

Vonnie yakin akan menang.

Bagikan !

Published

on

Vonnie Panambunan. (Foto: Febri Kondongan)

ZONAUTARA.COM – Partai Nasdem merestui Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara dalam Pilkada Sulut mendatang.

Restu itu dalam bentuk surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat Partai Nasdem. Vonnie diberi kewenangan untuk mencari calon Wakil Gubernur sendiri yang dirasa cocok berpasangan dengannya.

Terkait dengan restu dan surat rekomendasi tersebut, Ketua DPW Nasdem Sulawesi Utara, Maximilan Jonas Lomban mengakui bahwa pihaknya juga sudah menerima surat rekomendasi tersebut, yang berisi penugasan untuk Vonnie maju sebagai bakal calon Gubernur Sulut.

“Informasi hingga saat ini, ada tiga nama yang sedang digodok di tingkatan DPP siapa yang akan mendampinginya. Keputusan ada di tangan kakak VAP (sebutan untuk Vonnie) dan DPP Nasdem,” ujar Lomban.

Lomban juga memberi instruksi kepada seluruh potensi Nasdem untuk bersatu pada mendukung calon yang mendapatkan dukungan dari DPP. Instruksi itu juga diikuti dengan deklarasi dan pernyataan sikap untuk memenangkan Vonnie.

“Saya ajak semua potensi yang ada untuk bersatu padu. Sebagai Ketua DPW, saya memberikan instruksi kepada seluruh tingkatan NasDem di Sulut untuk memenangkan VAP di Pilgub Sulut. Ini deklarasi kami atau pernyataan sikap untuk memenangkan VAP,” ujar Lomban.

Sementara itu Vonnie mengatakan dirinya sangat bersyukur kepada Tuhan karena dia dan cita-citanya telah terjawab.

“Saya yakin Nasdem menang,” ujar Vonnie.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com