Connect with us

Zona Bolmong Raya

Telusuri aset daerah, Pemkab Bolmong gandeng Kejati Sulut

Rio: Semua data sudah kita siapkan. Tinggal menunggu batas waktu berakhir

Bagikan !

Published

on

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tak main-main dalam menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Reward dan punishment di internal Pemkab Bolmong diberlakukan. Jajaran pejabat di lingkup Pemkab Bolmong bahkan bertaruh jabatan dalam proses penyelesaian persoalan asset dan tuntutan ganti rugi (TGR) yang menjadi temuan BPK RI perwakilan Sulawesi Utara dari tahun ke tahun. Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow memberikan batas waktu (deadline) hingga 31 Oktober 2019.

Tak cukup dengan itu, Pemkab Bolmong saat ini bahkan tengah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) dalam hal ini Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut melalui Kejari Kotamobagu. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone menegaskan, jika persoalan asset daerah dan TGR tak selesai hingga batas waktu yang sudah ditentukan, yakni 31 Oktober 2019 mendatang, maka pihaknya akan menyerahkan persoalan asset dan TGR ke APH.

“Iya, kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kejati Sulut terkait upaya kita menyelamatkan asset daerah. Kita lihat saja nanti. Yang jelas sebagai bukti keseriusan Pemkab Bolmong maka tidak ada kompromi,” tegas Rio Lombone, Jumat (25/10/2019).

Lebih lanjut, Rio menjelaskan, dari hasil koordinasi, pihak Kejati Sulut tinggal menunggu laporan resmi dari Pemkab Bolmong disertai dengan data-data asset dan TGR yang menjadi temuan BPK-RI.

“Semua data sudah kita siapkan. Tinggal menunggu batas waktu berakhir,” tandas Rio.

Di sisi lain, mantan Kepala Inspektorat Daerah Bolmong ini mengungkapkan, selama ini, Pemkab Bolmong kesulitan untuk menindaklanjuti temuan terutama yang berhubungan dengan kerugian negara/finansial. Sehingga dengan menggandeng APH diharapkan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan dapat lebih cepat dan efektif.

Selama ini, proses penyelesaian dan percepatan tindak lanjut atas kerugian Negara yang tidak selesai sudah ditempuh dengan berbagai cara seperti negosiasi, hingga mengumumkan nama-nama pemegang asset ke media masa. “Langkah selanjut adalah lewat jalur hukum,” pungkas Rio. (itd)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Bolmong Raya

Aktivitas Belajar-Mengajar SDN 1 Sangkub Dua Dipindahkan

Pemerintahan Yang Dipimpin langsung Oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena Bersama Dengan Unsur Forkopimda Membahas Persoalan SDN 1 Sangkub II Dengan Pihak Ahli Waris.(Foto Istimewa)

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

BOROKO, ZONAUTARA.com – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmut) Depri Pontoh, Rabu (27/11/2019), memimpin pertemuan bersama ahli waris SDN 1 Sangkub Dua Kecamatan Sangkub.

Pertemuan ini dihadiri Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Kapolres Bolmut AKBP Eko Kurniawan SIK, Kejari Bolmut Kejari Bolmut Moch Riza Wardhana, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, dan Camat Sangkub.

Sekedar diketahui pada Senin (25/11/2019) bertepatan dengan hari guru Nasional sekolah SDN 1 Sangkub Dua disegel oleh ahli waris. Setelah itu, Selasa besoknya anak-anak dipindahkan belajar sementara di Balai Desa Bolmut.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengatakan dalam pertemuan tersebut pihaknya ingin menggunggah hati ahli waris agar gembok bisa dibuka sebelum ada eksekusi dari pengadilan.

“Akan tetapi sudah tidak bisa,” jata Amin.

Karena sudah tidak bisa, imbuhnya, pemerintah memindahkan kegiatan belajar mengajar di SMP Sangkub.

“Ada sekitar tujuh ruangan yang kosong jadi dipindahkan sementara untuk proses kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Menurut Lasena, pemerintah juga tahun 2020 rencana akan membangun sekolah SDN 1 Sangkub Dua. Jika pembahasan APBD cepat.

“Khusus pembangunan SDN 1 Sangkub Dua proses lelang akan dipercepat pada bulan Desember. Agar pertengahan tahun depan sekolah sudah bisa digunakan. Kemarin juga sudah ada yang hibahkan tanah dari Sangadi,” kata Amin.

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com