Connect with us

Sosial Kemasyarakatan

Pemuda Katolik Sulut serahkan bantuan di Stasi Kumu

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Pemuda Katolik (PK) Komisariat Daerah (Komda) Sulut melakukan aksi sosial dengan berbagi bersama Umat Katolik Stasi Santo Johanes Pembaptis Kumu, Paroki Hati Kudus Tanawangko, Minggu (27/10/2019),

Kegiatan berbagi kasih ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Pemuda Katolik, serta Hari Sumpah Pemuda ke-91.

Bantuan yang diberikan berupa sejumlah barang rohani kepada umat seperti Puji Syukur, serta bantuan material untuk kelangsungan pembangunan di gereja tersebut.

Bantuan diserahkan Wakil Ketua II bidang Pendidikan dan Kaderisasi PK Komda Sulut Novita Simbala bersama sejumlah pengurus yang hadir.

“Ini bentuk kepedulian kami Pemuda Katolik terhadap kehidupan menggereja umat beriman,” kata Simbala.

Dia berharap, meski jumlahnya bantuan yang diberikan tidak seberapa, namun bisa memberikan manfaat besar bagi Umat.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Sosial Kemasyarakatan

Imbauan MUI soal Salat Idulfitri di tengah pandemi covid-19

Salat Idulfitri dapat dilaksanakan di rumah.

Bagikan !

Published

on

Ilustras menara masjid. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri saat Pandemi.

Dalam fatwa itu, MUI mengimbau soal pelaksanaan salat Idulfitri di tengah pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung. Umat Islam di Indonesia yang berada di kawasan episentrum covid-19 atau zona merah dapat melaksanakan salat Idulfitri di rumah.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, di manapun lokasi salat Idulfitri nanti, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya penularan virus korona.

“Fatwa ini agar dapat dijadikan pedoman pelaksanaan ibadah Idul Fitri dalam rangka mewujudkan ketaatan pada Allah SWT sekaligus menjaga kesehatan dan berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujar Asrorun, Rabu (13/5/2020).

Dokumen lengkap tentang fatwa MUI ini dapat dibaca pada link ini.

Secara umum, fatwa ini memiliki pertimbangan bahwa salat Idulfitri merupakan ibadah yang menjadi salah satu syiar Islam dan simbol kemenangan dari menahan nafsu selama bulan Ramadan.

Salat Idulfitri boleh dilaksanakan di rumah secara berjamaah atau sendiri, terutama untuk warga di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali.

Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau bebas Covid-19, salat Idulfitri berjamaah bisa dilakukan seperti biasa

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com