Connect with us

Visualisasi Data

Agustus 2019, upah pekerja rata-rata Rp 2,91 juta

Pekerja laki-laki menerima upah lebih tinggi dari perempuan.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Agustus 2019, rata-rata gaji atau upah yang diterima pekerja sebesar Rp 2,91 juta. Jika dibandingkan dengan survei sebelumnya, pada Februari 2019, angka ini naik dari Rp 2,79 juta.

Data BPS juga menyebutkan pekerja laki-laki menerima upah yang lebih tinggi dari pekerja perempuan. Jika pekerja laki-laki rata-rata menerima upah Rp 3,17 juta, maka pekerja perempuan hanya menerima Rp 2,45 juta.

Upah yang diterima juga sebanding dengan tingkat pendidikan pekerja. Pekerja lulusan perguruan tinggi menerima upah Rp 4,58 juta, atau sebesar 2,5 kali lipat dari pekerja berpendidikan SD ke bawah, yang rata-rata Rp 1,8 juta.

Sumber: Databoks Katadata

Bagikan !

Visualisasi Data

Pada 2019 ada 28 dari 100 balita alami stunting

Angka prevalensi turun dibandingkan tahun 2018

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2019, ada 28 dari 100 balita di Indonesia mengalami stunting. Angka ini cukup tinggi dibanding dengan negara-negara berpendapatan menengah lainnya, meski prevalensi balita yang mengalami stunting menurun dibanding tahun 2018.

Pada 2018 prevalensinya 30,8 persen dan menurun pada tahun 2019 menjadi 27,2 persen.

Penanganan stunting perlu menjadi perhatian mengingat dapat berdampak kepada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas, dan menghambat perekonomian seperti pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, dan ketimpangan.

Kementerian Keuangan menguitp World Bank Investing mencatat, stunting dapat menghilangkan 11 persen produk domestik bruto (PDB) dan mengurangi pendapatan pekerja dewasa hingga 20 persen. Selain itu, dapat mengurangi 10 persen dari total pendapatan seumur hidup dan menimbulkan kemiskinan antar-generasi.

Sumber: Databoks Katada

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com