Connect with us

KABAR SULUT

Fraksi PDIP perjuangkan Monumen AA Maramis diperbaiki

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) DPRD Sulawesi Utara Rocky Wowor menyatakan akan memperjuangkan monumen AA Maramis agar diperbaiki.

Mengingat gelar pahlawan telah disematkan oleh pemerintah kepada sang diplomat asal Sulut yang berperan pada kemerdekaan Indonesia itu.

Monumen tersebut terletak di samping ruas jalan utama menuju ke Bandara Sam Ratulangi atau tepatnya berada di Kelurahan Paniki Bawah, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.

Kondisi monumen cukup memprihatinkan, di antaranya tangga berbentuk beton sudah mulai tergerus.

Monumen tersebut dibentuk sebuah patung bertipe boss atau setengah badan dari kepala ke dada tanpa lengan.

Patung AA Maramis dicat dengan warna putih, menampakkan karaktrer dari seorang tokoh penting dalam perencanaan kemerdekaan Indonesia.

“Fraksi PDI-P akan memperjuangkan monumen tersebut untuk bisa lebih diperhatikan keberadaannya,” kata Rocky usai melakukan ziarah bersama personel Fraksi PDI-P di taman makam pahlawan (TMP) Kairagi, Manado, Senin (11/11/2019).

Ke depan, monumen-monumen Pahlawan Nasional lebih diperhatikan. Untuk perbaikan monumen AA Maramis, akan dikoordinasikan dengan dinas terkait, seperti Dinas Kebudayaan.

“Yang pasti, Fraksi PDI-P akan memperhatikan, baik dengan APBD pasti akan kami perhatikan,” ujar Rocky.

Rocky Wowor memberikan apresiasi kepada Gubernur Olly Dondokambey yang telah memperjuangkan tokoh penting AA Maramis sehingga mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

“Pesan saya, warga Sulut jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena dengan sejarah kita bisa bercermin bagaimana cara membangun bangsa ini,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh Indonesia. Salah satunya AA Maramis.

Pemberian gelar tersebut dilangsungkan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Masuki akhir tahun, pemkot evaluasi pelaksanaan keuangan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev)Keuangan Triwulan VI,di aula BPKPD Kota Tomohon, Selasa (3/12/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang membuka kegiatan tersebut.

Saat membacakan sambutan Wali Kota, Lolowang mengatakan, kegiatan Rakorev Keuangan Triwulan IV ini lebih diarahkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan pengelolaan keuangan sampai saat ini, terlebih saat memasuki akhir tahun.

Dia menjelaskan, meski dipahami bahwa banyaknya kegiatan saat ini termasuk pertanggungjawaban, namun perlu diingatkan bagi seluruh pengelola keuangan juga untuk tetap mempedomani jadwal akhir tahun sebagaimana surat edaran Wali Kota yang telah dibagikan pada saudara.

“Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah pasal 10 ayat 1 “Kepala satuan kerja perangkat daerah selaku pengguna anggaran menyusun laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada satuan kerja perangkat daerah yang bersangkutan dan menyampaikannya kepada Wali Kota melalui pejabat pengelola keuangan daerah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Lolowang, sesuai dengan amanat PP Nomor 8 Tahun 2006 yang sudah dijelaskan terdahulu, maka pada saat ini berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, para pejabat penatusahaan keuangan (PPK-SKPD) sudah dapat memperhatikan hal-hal penting dalam persiapan penyusunan laporan keuangan perangkat daerah.

Tentunya, kata Lolowang, dengan mempedomani surat edaran tentang langkah strategis dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tomohon tahun anggaran 2019.

“Saya minta hal-hal yang sudah disampaikan tadi untuk mendapatkan perhatian dari bapak-ibu Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran pengelola keuangan di perangkat daerah masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rakorev tersebut Inspektur Kota Tomohon Max M. Mentu, Kaban Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Roeroe, para Kepala Perangkat Daerah se-Kota Tomohon, serta Camat dan Lurah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com