Connect with us

OPINI

Merebaknya aroma melati dan kayu manis di Kota Manado sebuah anomali

Mungkinkah Angin November mampu membuat aroma kamboja atau sedap malam menjadi melati?

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Tak ada kata yang lebih tepat untuk merespons fenomena merebaknya aroma melati dan kayu manis di Kota Manado selain membenarkan adanya sebuah anomali. Zona Utara sempat membentuk tim investigasi dan mendatangi sejumlah titik yang sering disebut netizen sebagai tempat di mana mereka mencium aroma yang tidak biasa itu, Sabtu (16/11/2019).

Di belakang Golden Swalayan, ada beberapa pohon kamboja yang sedang berbunga. Di pertigaan depan multimart, pusat kota, ada pohon kamboja yang tumbuh tepat di sebelah kiri pertigaan. Jalan masuk menuju eks-Polres, ada kamboja dengan bunga banyak sekali. Di Teling, depan BNN, ada pohon kamboja besar di sudut pagar.

zonautara.com
Di depan Kantor Cabang BRI, pusat Kota Manado, ada pohon kayu manis yang sedang berbunga.(Image: zonautara.com/Ronny Buol)

Juga di wilayah Wanea-Rike, depan gereja katolik Yesus Gembala Yang Baik, terdapat banyak pohon yang tumbuh. Namun tidak ditemukan tanaman melati di sekitar lokasi tersebut.  Sedangkan di Jalan 17 Agustus, depan eks-kantor pelayanan pajak Pratama yang dikabarkan tercium bau melati tidak ditemukan pohon yang berpotensi mengeluarkan bau.

Dari sejumlah titik yang menurut netizen tempat di mana mereka mencium aroma melati tidak ditemukan tanaman melati, hanya kamboja saja. Di Jalan Sam Ratulangi 1, tepat belakang gedung Joeang, berhasil ditemukan sebatang pohon kayu manis yang sementara berbunga. Tapi di Jalan WR Supratman atau Komo Dalam yang dikabarkan tercium aroma kayu manis, tidak ditemukan pohonnya.

zonautara.com
Di depan Golden Swalayan juga ada kamboja yang bunganya berjatuhan di tanah.(Image: zonautara.com/Ronny Buol)

Mungkinkah Angin November (judul lagu Emilia Contessa) mampu membuat aroma kamboja atau sedap malam menjadi melati atau misalnya trem besi menjadi kayu manis?

Atau mungkinkah banyak rumah di Kota Manado mulai menyiapkan kue-kue Natal sehingga tercium aroma kayu manis karena terbawa Angin November? Faktanya, kaum Nasrani di Kota Manado mulai sibuk membuat kue Natal mulai tanggal 1 Desember sebagai awal dimulainya perayaan Natal.

Para ahli spiritual seperti master J dan master S, menyebutkan memang ada keterlibatan dunia gaib dalam fenomena ini. Arianto Ali, seorang warga Kota Manado, misalnya, mengaku masih mencium aroma kayu manis hingga Sabtu (16/11/2019) malam.

Bagikan !

OPINI

Catatan akhir tahun: Harapan 2020 jadi lebih baik

Di tahun 2019 Provinsi Sulut mencatat pertumbuhan ekonomi yang tidak terbilang bagus.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Mengurus Sulawesi Utara (Sulut) ternyata tak segampang janji kampanye kandidat saat pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada). Sejumlah hal yang menjadi sorotan di antaranya data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mengenai Indeks Demokrasi Indonesia Provinsi Sulut yang terus menurun sejak 2014.

zonautara.com
Infografik: flourish.studio/Rahadih Gedoan

Pitres Sombowadile, seorang pemerhati sosial politik Sulut, menyoroti persoalan ini. Menurutnya, meski tahun 2018 agak membaik dari tahun-tahun sebelumnya, tapi penurunan ini adalah rekor buruk yang mesti diurus.

Tiga Aspek ukuran penentu indeks pada tahun 2015 menukik, kata Pitres, yaitu aspek Kebebasan Sipil, Aspek Hak-Hak Politik dan Aspek Lembaga Demokrasi. Meski demikian variabel Kebebasan Berkumpul dan Berserikat nyata membaik dibanding tahun 2014, kecuali pada tahun 2017.

zonautara.com
Perkembangan Beberapa Variabel di Sulawesi Utara, 2014-2018.(Infografik: flourish.studio/Rahadih Gedoan)

“Untuk Variable kebebasan Berpendapat anjlok sejak tahun 2015 meski kemudian agak membaik di tahun 2016-2018. Variabel Kebebasan Berkeyakinan juga turun meski pada tahun 2016-2017 justru lebih baik dibanding kondisi tahun 2014,” jelasnya.

Kenangan 2019 yang akan berakhir dan harapan 2020 jadi lebih baik

Di tahun 2019 Provinsi Sulut mencatat pertumbuhan ekonomi yang tidak terbilang bagus. Malah selang dua tahun terakhir Sulut punya catatan yang menyedihkan, yang perlu diseriusi semua kalangan.

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Daerah merosot, Pemprov Sulut berkacalah!

Banyak hal yang perlu dibenahi Pemerintah Provinsi Sulut beserta semua stakeholder pembangunan daerah. Lepas dari wanprestasi yang digapai, tahun 2019 akan berakhir.

Tahun 2020 bagi daerah Sulut meruapakan tahun politik. Momentum tersebut akan berimbas pada banyak sektor pembangunan. Jauhkanlah ego-ego sektoral, lalu berharap tahun 2020 akan jadi lebih baik.

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com