Connect with us

PENDIDIKAN

Guru, Pilar Utama Kemajuan Bangsa

Guru mempunyai peran sentral bagi kemajuan bangsa.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Guru merupakan pilar utama. Sebuah bangsa akan maju atau tidak tidak lepas dari peran guru peran yang sangat strategis. Demikian yang dikatakan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di ruang kerjanya Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, menyambut perayaan Hari Guru Nasional Tahun 2019, yang jatuh pada Senin (25/11/2019).

“Untuk itu guru juga perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup, proses belajar-mengajar yang menyenangkan, dan juga yang tidak kalah penting adalah ketika kita ingin mendapatkan sumber daya yang unggul maka peran guru menjadi sangat sentral sekali,” kata Pramono.

Menurut Seskab, sekarang ini proses belajar mengajar sudah bisa dengan teknologi. Dunia juga sudah berubah dengan cepat, guru juga harus bisa beradaptasi terhadap perubahan itu. Maka, sekali lagi guru mempunyai peran sentral bagi kemajuan bangsa.

“Untuk bisa menciptakan sumber daya manusia yang unggul, menurut Seskab, guru harus mendapatkan kesempatan yang lebih luas belajar juga. dan apa yang dihasilkan oleh guru menjadi bekal untuk mengajar pada anak didiknya. Sehingga dengan demikian, sekali lagi saya pribadi mengharapkan guru betul-betul menjadi pilar utama kemajuan bangsa terutama di bidang sumber daya manusia,” terang Seskab.

Seskab Pramono menilai, guru harus menjadi harapan bagi kita semua, guru harus kekinian, guru harus juga mengerti apa yang terjadi perubahan dunia. Guru tidak lagi sekadar ada di ruang kelas. Tapi guru juga bisa berinteraksi dengan muridnya menggunakan teknologi, karena era zamannya sudah berubah.

“Guru bukan hanya mengajarkan apa yang ada di kelas. Tetapi guru juga bisa mengajarkan apa yang terjadi di luar kelas. Sehingga dengan demikian, guru, sekali lagi saya ingin mengatakan menjadi pilar utama, sentral dari perubahan bangsa ini ke depan,” ucap Seskab.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PENDIDIKAN

UN 2020 SD, SMP dan SMA sepakat ditiadakan

Disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com -Ujian Nasional untuk jenjang UN 2020 SD, SMP dan SMA sepakat ditiadakan. Hal tersebut disepakati dalam rapat bersama melalui video conference antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Komisi X DPR RI, Senin (23/3/2020) malam.

Rapat tersebut membahas berbagai persoalan pendidikan di ujung masa akhir tahun pelajaran di tengah ancaman pandemi Corona (Covid-19). Hasil kesepakatan rapat video conference ini adalah Kemendikbud dan Komisi X DPR di antaranya meniadakan UN 2020, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda kemudian mengungkapkan hal ini melalui akun Twitter-nya @SyaifulHooda.

zonautara.com
Kicauan Syaiful Huda di akun Tweter-nya.(Image: screen captured)

Dalam siaran pers, Syaiful mengatakan bahwa saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa, termasuk menggunakan nilai raport.

“Dari rapat konsultasi via daring (dalam jaringan atau online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport,” kata Syaiful.

Ketua Komisi X DPR RI memang mendesak pemerintah untuk menghapus pelaksanaan UN di tahun 2020 ini. Langkah ini dimaksudkan untuk melindungi peserta didik akibat penyebaran Virus Corona yang kian masif.

“Kami mendesak agar pemerintah menghapus pelaksanaan UN tahun ini karena wabah Corona yang kian meluas. Ada ratusan ribu hingga jutaan siswa yang terancam terpapar virus ini jika kita memaksakan agar pelaksanaan UN tetap dilakukan,” kata Ketua Komisi X DPR RI.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com