MINAHASA, ZONAUTARA.com – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Mandolang dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tahapan pemungutan dan perhitungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Rabu (18/11/2020).

Bimtek yang dilaksanakan di Aula Eben Heazer, Desa Koha Barat, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) , langsung dipimpin oleh Ketua KPU Minahasa Lord Malonda.

Berlangsung sejak pukul delapan pagi hingga tujuh malam, bimtek ini berjalan selama empat sesi yang di bagi menjadi dua desa setiap sesinya.

Lord Malonda menjelaskan bahwa bimtek ini untuk memersiapkan KPPS terkait dengan regulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS pada tanggal 9 Desember nanti.

“Berbeda dengan pemilihan yang lalu, Pilkada 2020 ini akan ada perlakuan-perlakuan khusus, karena kita akan melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara di masa Pandemi Covid-19, ” ungkap Lord kepada wartawan Zona Utara.

Lord juga mengungkapkan, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulut tahun ini harus menerapkan protokol kesehatan, agar bisa mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait dengan KPPS yang reaktif dan tidak bisa ikut bimtek akan ada kesempatan bagi mereka.

“Ini adalah bimtek tahap pertama, nantinya akan ada bimtek lanjutan bagi KPPS yang belum sempat ikut hari ini karena mereka sedang isolasi mandiri setelah reaktif saat rapid test,” tutupnya.

Bagikan !