bar-merah

Wamendag Jerry sosialisasikan perundingan perdagangan internasional

zonautara.com
Wamendag Jerry Sambuaga sosialisasikan perundingan perdagangan internasional di Pemkot Manado.(Image: Biro Humas Kemendag)

ZONAUTARA.com -Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (13/12/2019), memanfaatkan waktu dengan bertemu dan bersosialisasi dengan perangkat daerah dan masyarakat Manado, serta memberikan pemahaman terkait perundingan perdagangan internasional yang menjadi amanat Presiden Joko Widodo.

Ajang sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Pemkot Manado ini sekaligus dijadikan Wamendag Jerry kesempatan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat, pedagang, dan perangkat pemerintahan daerah terkait dengan sektor perdagangan di Manado, khususnya terkait potensi dan strategi Usaha Kecil Menengah (UKM) menembus pasar ekspor.

zonautara.com
Wamendag Jerry Sambuaga (kuning) sosialisasikan perundingan perdagangan internasional di Pemkot Manado.(Image: Biro Humas Kemendag)

Menurut Jerry, UKM berorientasi ekspor harus fokus memproduksi barang yang memiliki nilai tambah, mengkreasikan narasi unik untuk mendukung merek produk yang dihasilkan, serta menjaga konsistensi kualitas produknya.

“Kemendag akan terus mendorong perwakilan perdagangan di luar negeri memberikan informasi dan asistensi bagi para UKM lokal agar dapat menembus pasar global. Selain itu, penyederhanaan izin ekspor juga akan dilakukan sebagai bukti keberpihakan pemerintah dalam meningkatkan ekspor,” jelas Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry mengungkapkan berbagai potensi dan tantangan perjanjian perdagangan internasional, serta alah satu perundingan yang diprioritaskan selesai pada 2020, yaitu Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership (IEU-CEPA).

Dalam IEU-CEPA, ada banyak produk yang tercakup dalam kerangka kerja sama perdagangan dengan jangkauan pasar yang luas, sehingga diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional maupun daerah, termasuk Sulut.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com