Connect with us

Visualisasi Data

Kilas balik bencana di tahun 2019

BMKG menyebutkan bahwa di tahun 2019 telah terjadi 11.573 kali gempa.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data bahwa hingga Desember 2019 tercatat telah terjadi 343 kejadian banjir, 340 tanah longsor, banjir disertai tanah longsor di 5 lokasi, 554 kejadian puting beliung.

Sementara kemarau panjang dan kekeringan tahun ini turut memicu 52 kejadian kebakaran hutan dan lahan dan bencana asap.

Untuk data kegempaan, BMKG menyebutkan bahwa di tahun 2019 telah terjadi 11.573 kali gempa, di antaranya terdapat 344 kali gempa di atas M.5 (magnitudo 5) dan 17 kali gempa merusak.

Berdasarkan peta aktivitas gempa bumi (seismisitas) selama tahun 2019, tampak bahwa kluster aktivitas gempa bumi paling padat terjadi di daerah Nias, Lombok-Sumba, Laut Maluku Utara, Ambon, Laut Banda, dan Sarmi-Mamberamo.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Visualisasi Data

Pengguna smartphone aktif sebanyak 3,8 miliar

Tiongkok menguasai 27% dari total pengguna smartphone dunia.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM– Pada 2019, tercatat sebanyak 3,8 miliar unit smartphone aktif di seluruh dunia. Sementara penggunanya tercatat sebanyak 3,2 miliar. Angka ini naik 5,6 persen jika dibanding tahun sebelumnya.

Tiongkok menguasai 27% dari total pengguna smartphone dunia. Sepanjang tahun lalu, populasi pengguna yang aktif secara online di dunia sekitar 4,12 miliar.

Pada tahun 2022 diprediksi, jumlah pengguna smartphone mencapai 3,9 miliar. Pertumbuhan ini terkosentrasi di region-region yang sedang berkembang seperti Timur Tengah dan Afrika, Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Sumber: Databoks Katadata

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com