bar-merah

Komisi IV minta dana dekonsentrasi untuk Sulut ditambah

Komisi IV bersama Wakil Ketua DPRD Sulut, Billy Lombok saat kunker di Kantor Kemenpora. (Foto ist MJP)

MANADO, ZONAUTARA.com – Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (10/1/2020), pekan lalu.

Agenda utama adalah konsultasi dan melobi program bantuan anggaran dari APBN.

Anggota Komisi IV, Melky Jakhin Pangemanan (MJP) mengatakan bahwa berdasarkan penjelasan dari Plt Kabag PA Kementerian Pemuda dan Olahraga, M Indra Perkasa, ada lima program prioritas dan indikator Kemenpora tahun 2020-2024. Yaitu perbaikan tata kelola kelembagaan, kompetensi, penyederhanaan regulasi, dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

“Sedangkan kami Komisi IV menyampaikan aspirasi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan kewirausahaan. Juga penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda.

“Serta olahraga yang digemari untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat, serta pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan,” ungkap MPJ.

Lanjut politisi PSI ini, untuk tahun 2020 kegiatan di Sulut ada tiga kegiatan yakni kegiatan PPLP, Pelatihan ketenaga olahragaan dan Jambore pemuda Indonesia.

“Propinsi Sulawesi Utara di tahun 2019 mendapatkan dana DAK untuk pembangunan GOR tipe B di Sangihe dan di tahun 2020 di Kota Tomohon,” tambah dia.

MJP mengakui ketika kunjungan kerja ke Kementerian Pemuda dan Olaraga, Komisi IV juga menyampaikan aspirasi masyarakat Sulawesi Utara agar Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dapat meningkatkan atau menambah alokasi dana APBN untuk pemberdayaan pemuda dan fasilitas olahraga di Propinsi Sulawesi Utara.

“Usulan dari Komisi IV agar ada penambahan Dana Dekonsentrasi untuk Sulawesi Utara. Bagi atlet yang berprestasi meraih medali di Sea Games dapat diberikan penghargaan serta fasilitas pendidikan karena di dalamnya ada beberapa putra-putri daerah yang meraih medali. Pendanaan Kemenpora terhadap kegiatan untuk peningkatan SDM pemuda. Fasilitas atlet yang ada di daerah kepulauan dapat diperhatikan oleh kementerian dan dapat dibuatkan regulasi,” tutupnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, selain MJP ada pula Ketua Komisi IV Braien Waworuntu, Careig N Runtu, Yusra Al Habsi, Fanny Legoh dan lainnya. Mereka didampingi langsung Wakil ketua DPRD, Billy Lombok dan Kadispora Marcel Sendoh. (K-02)

Editor: Ronny A. Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com