Connect with us

KABAR SULUT

Komisi I konsultasi calon mantan narapidana di KPU RI

Published

on

Anggota Komisi I DPRD Sulut Ronald Sampel. (Foto: Istimewa)

MANADO, ZONAUTARA.comKomisi I bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (8/1/2020) pekan lalu.

Agendanya adalah meminta penjelasan soal calon berstatus mantan narapidana yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi I, Ronald Sampel, kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).

Menurut dia, jawaban dari KPU RI bahwa masalah tersebut sudah dibahas. Namun masih menunggu kepastian turunnya PKPU yang baru, disesuaikan dengan putusan MK yang baru, di mana calon dengan status mantan narapidana harus sudah bebas lima tahun untuk bisa maju dalam Pilkada.

“Oleh KPU RI menyampaikan PKPU tersebut akan turun dalam waktu dekat,” ungkap Sampel.

Menurut dia, untuk sekarang ini, KPU masih menggunakan PKPU yang lama, yang memperbolehkan calon mantan narapidana bebas murni bisa mencalonkan diri.

“Namun soal waktu PKPU yang baru akan turun belum ada kepastian hukum. Tapi kalau dari atas sudah oke, pihak KPU akan segera mengeluarkan PKPU,” tutup dia.

Konsultasi terkait Pilkada ini, menurut Sampel dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw yang juga merupakan Koordinator Komisi I. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Sitaro kasus perdana, ini asal daerah 32 kasus baru corona di Sulut pada 28 Juni

Total kasus positif di Sulut mencapai 1.056 kasus.

Bagikan !

Published

on

Ruang isolasi perawatan pasien covid-19 di RSUP Prof Kandou Manado. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara menggelar jumpa pers secara daring terkait perkembangan terkini epidemiologi covid-19.

Dari paparan yang disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel, hari ini, Minggu (28/6/2020), di Sulawesi Utara ada penambahan sebanyak 32 kasus baru.

Dengan penambahan 32 kasus baru tersebut, kini secara akumulatif kasus positif terkonfirmasi di Sulut sudah mencapai 1.056 kasus.

“Adapun 32 kasus baru positif hari ini berasal dari daerah Bitung, Minahasa Selatan, Manado, Minahasa dan Sitaro yang merupakan kasus perdana,” jelas Dandel.

Baca: Detil 32 kasus baru corona di Sulut pada hari ini

Kini Kota Manado menjadi daerah dengan kasus positif tertinggi di Sulut. Manado selain sebagai daerah transmisi lokal penularan virus corona, juga telah menjadi episentrum penularan.

Selain Manado, daerah lain yang punya kasus positif yang cukup tinggi adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Untuk ODP hari ini ada 247 dan PDP sebanyak 331,” tambah Dandel.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com