Connect with us

ZONAPEDIA

Kebahagiaan lansia ditinjau dari dukungan Sosial dan spiritualitas

Lanjut usia yang memiliki jaringan sosial pertemanan dan keluarga yang luas juga merasa puas dengan hidupnya dibandingkan dengan lanjut usia yang terisolasi secara sosial.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi: Pixabay.com

Oleh: Eunike Virgin Melisa Ruindungan (Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan, Unika De La Salle Manado)

Kebahagiaan merupakan tujuan utama dari keberadaan manusia di dunia. Kebahagiaan itu timbul karena adanya pengaruh dari orang lain atau lingkungan disekitar kita.

Dan dapat dilihat juga bahwa kebahagiaan itu merupakan perlindungan terhadap stress akan banyaknya masalah yang ada, harapan yang baik di kemudian hari, kepuasan dan rasa penerimaan yang tinggi, kebutuhan dapat terpenuhi sehingga rasa senang pun timbul, rasa tenang dan damai saat berdoa dan beribadah kepada Tuhan yang menjadi spiritualitas keagamaan.

Kebahagiaan itu mungkin akan terjadi pada kaum lansia secara perlahan-lahan dan itu harus memerlukan peranan dan juga dukungan sosial dari lingkungan dimana tempat lansia itu tinggal dan juga spiritualitas yang ia miliki.

Tempat yang ia tinggal dapat menunjukkan dengan siapa ia hidup bersama, apakah lansia tersebut tinggal bersama keluarga atau dititipkan di panti.

Ada beberapa kebutuhan hidup lansia untuk dipenuhi, diantaranya kebutuhan akan makanan yang bergizi seimbang, pemeriksaan kesehatan secara rutin, rumah yang bersih dan sehat dan lingkungan yang aman, kebutuhan sosial bisa bersosialisasi dengan semua orang dalam segala usia, sehingga lansia mempunyai banyak teman dan bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, dapat membagi pengalaman dan memberikan pengarahan yang baik, kebutuhan-kebutuhan seperti ini yang dapat membuat lansia mandiri.

Kebutuhan akan rasa cinta dan penghargaan adalah kebutuhan harga diri untuk diakui akan keberadaannya. Kebutuhan aktualisasi yang dapat mengungkapkan kemampuan fisik, rohani maupun daya pikir untuk berperan dalam kehidupannya.

Dan juga ada kebutuhan psikologi yang membutuhkan rasa nyaman terhadap lingkungan disekitar. Tingkat pemenuhan kebutuhan lansia tersebut, tergantung pada diri orang lanjut usia, keluarga dan lingkungan. Jika kebutuhan tersebut tidak dapat terpenuhi maka akan timbul masalah-masalah yang dapat membuat kemandiriannya menurun.

Lanjut usia yang pergi ke tempat peribadatan, pergi ke pertemuan-pertemuan sesama lanjut usia, berekreasi, olahraga secara teratur, lebih puas kehidupannya dibandingkan dengan lanjut usia yang tinggal mengurung diri dirumahnya.

Lanjut usia yang memiliki jaringan sosial pertemanan dan keluarga yang luas juga merasa puas dengan hidupnya dibandingkan dengan lanjut usia yang terisolasi secara sosial.

Lanjut usia yang berada dalam panti memiliki jadwal khusus dalam kegiatan keagamaan setiap seminggu sekali, karena lansia berpikir tidak ada yang dicari selain pahala, semua sudah diatur oleh Sang Pencipta, begitu pun sebaliknya dengan lansia yang berada di desa, mereka menjawab hal yang hampir sama, apa yang sudah terjadi, terjadilah.

Hidup ini harus disyukuri dan semua sudah ada yang mengatur. Dari sinilah dapat kita lihat bahwa tingkat spiritualitas para lansia ini cukup tinggi dengan cara mereka memandang hidup.

Lansia yang berada dalam panti juga, memiliki jadwal khusus seminggu sekali untuk berkumpul sekedar bernyanyi bersama, atau membuat kerajinan bersama, jika terjadi perselisihan antara lansia dengan staf  biasanya mereka melakukan terapi kelompok dan menyelesaikan masalah bersama dan mendengarkan segala keluhan.

Selain itu juga, para lansia mengatakan bahwa hidup di panti segalanya terjamin, sehingga merasakan kenyamanan dan keamanan dalam diri mereka masing-masing. 

Aktivitas yang hampir sama  juga dapat dirasakan dengan lansia yang berada di desa-desa. Dapat kita lihat bahwa sumber dari dukungan sosialnya yang berbeda. Lansia yang hidup di desa secara utuh melakukan aktifitas sehari-hari erat hubungannya dengan masyarakat dan keluarga mereka masing-masing. Mereka mendapatkan dukungan sosialnya dengan cara berinteraksi dengan tetangga dan mendapatkan kebutuhan finansial dari keluarga mereka. 

Dapat dilihat bahwa di dalam panti maupun di desa-desa, tingkat sosial dan spiritualitas cukup baik. Dukungan dari keluarga dan lingkungan sangatlah berharga bagi para lansia, sehingga dapat mempengaruhi tingkat ketentraman dan kebahagiaan mereka.

Bagikan !

ZONAPEDIA

Pahami ritme alami jam kerja organ tubuh, dan rasakan keajaibannya!

Tahukah anda kapan waktunya jantung melakukan pembersihan? Simak artikel ini.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pexels.

MANADO, ZONAUTARA.com – Kita tahu bahwa tubuh, pikiran, dan emosi kita berubah dari waktu ke waktu. Setiap organ tubuh manusia unik dan mempunyai waktunya sendiri untuk memberikan keajaiban kepada kita.

Tahukah kamu, mengapa kita cenderung mengantuk di waktu yang sama setiap harinya? Hal itu bukan semata-mata karena kebiasaan yang kita buat. Tapi ternyata, organ tubuh manusia memiliki jam kerja biologis yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Ritme jam kerja organ tubuh manusia bekerja mengikuti setiap aktivitas fisik maupun mental dalam siklus 24 jam yang dipengaruhi oleh sistem saraf suprachiasmatic dan kondisi cahaya di lingkungan sekitar kita.

Tanpa disadari hal telah ikut serta dalam menentukan waktu tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Berikut ini adalah jam kerja organ tubuh sesuai jam biologisnya:

Jam 05.00-07.00: usus besar

Ini adalah waktu yang optimal bagi tubuh untuk mengeluarkan isi perutnya dan memberikan ruang bagi asupan nutrisi di hari baru. Dianjurkan untuk minum segelas jus lemon hangat untuk merangsang usus, membuat sistem getah bening bergerak dan untuk menghilangkan racun dari pembersihan malam hari.

Jam 07.00-09.00: perut

Pada jam ini perut membutuhkan energi sehingga penting untuk adanya asupan makanan bagi tubuh, agar pencernaan lebih optimal.

Makan besar di pagi hari membuat gula darah merata, suasana hati Anda akan lebih stabil, dan memberi Anda stamina untuk tidak hanya menjalani hari, tetapi untuk menikmati hari.

Sama seperti pepatah Cina kuno, “makan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin.”

Jam 09.00-11.00: pankreas/limpa

Perut meneruskan isinya, lalu enzim dari pankreas melanjutkan proses pencernaan dan energi karbohidrat pun tersedia. Ini juga merupakan waktu yang bisa untuk makan makanan besar.

Jam 11.00-13.00: jantung

Pada waktu ini makanan yang dimakan akan memasuki aliran darah, dan jantung memompa nutrisi ke seluruh sistem dan mengambil kebutuhan lipidnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk Anda beraktifitas dan menyelesaikan sesuatu.

Jam 13.00-15.00: usus kecil

Selang waktu ini merupakan jam kerja organ usus kecil dalam hal memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan. Jadi pastikan Anda sudah makan sebelum pukul 14.00.

Jam 15.00-17.00: kandung kemih

Ini adalah jam kerja dari organ kandung kemih, di mana organ ini menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Jam 17.00-19.00: ginjal

Setiap waktu ini ginjal manusia dalam kondisi yang kuat. Pada ginjal terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Dan jam ini merupakan jam terbaikmu untuk belajar.

Jam 19.00-23.00: selaput jantung

Kali ini adalah jam kerja selaput jantung (pericardium), di mana pada jam ini juga disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

Dan ini adalah waktu yang tepat untuk istirahat agar memulihkan energi tubuh.

Jam 23.00-01.00: kandung empedu

Pada jam ini pembersihan awal semua jaringan, lalu memproses kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Jam 01.00-03.00: hati

Hati dalam kondisi kuat pada pukul ini dan terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh serta terjadinya regenerasi sel. Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda harus tidur pada jam ini.

Jam 03.00-05.00: paru-paru

Pada waktu ini di dalam paru-paru terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran. Jika Anda sering batuk, bersin berkeringat pada jam ini berarti paru-paru Anda sedang kotor.

Pertahankan keseimbangan ritme alami di atas dalam keseharian Anda. Dan makanlah makanan sehat dan seimbang untuk mendukung kerja organ tubuh. Dan rasakan kesehatan sebagai suatu keajaiban yang bisa Anda terima.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com