Kapan ancaman Covid-19 akan berakhir?

3 mins read
zonautara.com
Coronavirus.(Image: Setkab)

ZONAUTARA.com – Kapan ancaman virus Corona (Covid-19) akan berakhir? Kapan kita bisa menjalani kehidupan normal seperti sediakala? Pertanyaan seperti ini banyak mengemuka di saat ancaman Covid-19 kian menyebar di seluruh dunia.

China jelas telah mampu bangkit dan menangani penyebaran Covid-19 ini. Malah di Wuhan sebagai pusat penyebaran pandemi ini, selang beberapa hari terakhir telah bebas dari laporan adanya kasus baru Covid-19. Tanda-tanda positif mulai terlihat dan kemungkinan besar ancaman Covid-19 akan berakhir.

Negara China malah di antara perang terhadap Covid-19 di negaranya sendiri, juga sibuk membantu negara lain yang tertimpa bencana penularan pandemi ini, di antaranya Indonesia. Sekitar 9 ton bantuan peralatan medis yang  diangkut pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara dari Bandar Udara Internasioal Pudong, Shanghai.

Lalu apakah Covid-19 akan segera berakhir di Indonesia? Bila melihat perkembangan, Indonesia masih jauh dari kemungkinan bebas Corona-19. Mengapa? Karena himbauan pemerintah agar melakukan upaya social distancing untuk meminimalisir interaksi dengan pengidap Covid-19 seringkali diabaikan masyarakat.

Baca Pula:  Pendidikan: Investasi Masa Depan

Cara untuk mencegah virus corona lainnya adalah dengan menggunakan masker, sarung tangan, hand sanitizer. Namun penularan wabah Corona hanya membuat pasokan makin sulit didapat. Kalaupun ada, maka dijual dengan harga yang melambung setinggi langit dari biasanya.

Di sisi lain, usaha untuk membangun imunitas diri rasa-rasanya makin mustahil bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang bekerja pada bidang swasta. Ancaman kekurangan finansial tersaji di depan mata karena ruang usaha sepi dari konsumen. Tak ada pasokan pangan dan vitamin yang disediakan secara cuma-cuma oleh pemerintah.

Kebijakan lockdown sampai sejauh ini belum dilirik pemerintah sebagai bagian dari keputusan penting untuk usaha pencegahan terhadap terjangkitnya virus corona. Sementara orang yang terpapar oleh virus asal Wuhan tersebut dari hari ke hari makin bertambah.

Baca Pula:  Sujud Syukur Prabowo part 2 berbuah perpecahan?

Kita sama-sama tidak pernah melihat kabar adanya menyemprotan antiseptan secara massal di belahan provinsi manapun di Indonesia, seperti usaha China dalam melawan penyebaran Covid-19 yang kini perlahan mulai terkendali.

Lalu bagaimanakah dengan vaksin Covid-19? Meski setidaknya sudah tiga negara yang mengumumkan telah menemukan vaksinnya, yaitu Israel, Amerika Serikat, dan China, namun ancaman terhadap ras manusia kian berada pada titik yang memprihatinkan.

Indonesia di ambang krisis besar bila tak ada langkah yang super serius dari semua pihak dalam menangani serangan pandemi Covid-19. Jangan sampai bencana yang mengerikan seperti di Italia akan terjadi di Indonesia hanya karena perilaku penduduknya yang bebal terhadap himbauan pemerintah.

Mari kita bangkit bersama melawan virus Corona!

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com