Connect with us

Zona Sulut

Setelah dinyatakan negatif, Pasien 58 Covid-19 meninggal karena penyakit lain

Dandel menjelaskan bahwa kematian pasien disebabkan karena mengalami gagal ginjal stadium lima atau tahap akhir.

Bagikan !

Published

on

Bagian dari Ruang Isolasi pasien Corona di RSUP Prof Kandou Malalayang Manado. (Foto: zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.COM – Sehari setelah dinyatakan bebas dari virus corona, pasien pertama yang terkonfirmasi covid-19 atau pasien 58 secara nasional, meninggal dunia hari ini, Jumat (27/3/2020).

“Dengan sedih kami menyampaikan, pukul 17.30 WITA, yang bersangkutan sudah meninggal. Apapun yang dilakukan tim medis sudah tidak lagi direspon oleh yang bersangkutan,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel pada jumpa pers, Jumat (27/3) malam ini.

Dandel menjelaskan bahwa kematian pasien disebabkan karena mengalami gagal ginjal stadium lima atau tahap akhir.

Kondisi gangguan ginjal itu sempat membuat tim medis mengalami dilema, karena saat hendak melakukan upaya medis terbentur dengan kondisi pasien yang diisolasi di ruang khusus perawatan pasien covid-19.

“Sejak awal, saya sampaikan berulang-ulang, kondisi inilah (sakit ginjal) yang memberatkan kasus pasien 58. Medis ingin kawal terus supaya tidak terjun ke gagal ginjal yang parah. Tetapi terkendala karena pasien harus diisolasi karena COVID-19,” tutur Dandel.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, pasien ini sudah dinyatakan bebas virus corona setelah hasil pemeriksaan laboratorium yang ketiga menunjukan hasil negatif.

Sewaktu hasil negatif, pasien belum bisa kembali ke rumah karena harus dirawat atas penyakit ginjal yang dideritanya.

Bagikan !

Zona Sulut

Breaking News 3 Juni: Ada 23 kasus baru corona di Sulut

Total kasus poitif di Sulut secara akumulatif sudah mencapai 377 kasus

Bagikan !

Published

on

Foto: Zonautara.com

ZONAUTARA.COM – Update perkembangan epidemiologi virus corona yang diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Pusat, mengindikasikan dinamika dan penularan covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara masih terus berlangsung hingga kini.

Dalam update yang dipublikasi melalui situs covid19.go.id, disebutkan bawah hari ini, Rabu (3/6/2020), Sulawesi Utara bertambah 23 kasus baru positif terkonfirmasi covid-19.

Dengan bertambahnya 23 kasus baru positif tersebut, secara akumulatif, kini di Sulut sudah tercatat sebanyak 377 kasus positif.

Kasus positif terkonfirmasi covid-19 tersebar di sejumlah daerah di Sulut.

Belum ada rincian secara detil penambahan kasus baru positif yang diumumkan hari ini, baik daerah asal maupun informasi detil kasus secara individual.

Pada Selasa (2/6), Sulut melaporkan ada 15 kasus baru positif, terbanyak berasal dari Manado.

Sepanjang Maret hingga April ada sebanyak 45 kasus positif yang diumumkan di Sulut.

Kasus positif pertama kali di Sulut diumumkan pada 14 Maret 2020. Kasus pertama ini adalah seorang laki-laki berusia 51 tahun asal Manado, yang pulang dari ibadah Umroh.

Hingga kini Kota Manado menjadi daerah paling tinggi kasus positif di Sulut. Daerah lain dengan kasus positif yang tinggi adalah Tomohon dan Minahasa.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com