bar-merah

Mengapa terjadi lonjakan tinggi kasus positif corona hari ini?

Petugas dari Dinkes Prov. Sulut bersiap mengirim sampel covid-19 untuk diperiksa di laboratorium. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara hari ini mengumumkan angka kasus baru positif terkonfirmasi terjangkit virus corona yang cukup tinggi.

Dalam sehari 12 kasus baru positif diumumkan sekaligus, yakni lima kasus positif berada di Kota Kotamobagu, satu kasus positif di Kabupaten Sangihe, dua kasus di Kota Tomohon dan empat kasus positif di Kota Manado.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel mengiyakan bahwa ada lonjakan cukup tinggi kasus positif di Sulut. Jika sebelumnya secara akumulatif ada 20 kasus positif, kini total ada 32 kasus positif.

Baca pula: Ini detil 12 kasus positif baru di Sulut

“Lonjakan yang tinggi ini sudah kami prediksi sejak awal, karena dalam empat atau lima hari belakangan ini kami mengirim cukup banyak sampel untuk diperiksa di laboratorium. Ada sekitar 200 sampel yang kami kirim untuk diperiksa,” jelas Dandel kepada Zonautara.com, Kamis (23/4/2020).

Menurut Dandel, sebenarnya rate-nya masih sama dengan yang sebelumnya, hanya sebelumnya sampel yang dikirim ke laboratorium sehari hanya berkisar sepuluh hingga 20 sampel.

Baca pula: Rincian asal daerah 12 kasus baru positif di Sulut

“Kami juga telah memperluas cakupan pemeriksaan dan sudah mengidentifikasi spot-spot penularan seperti mereka yang datang dari acara keagamaan di Gowa itu,” ujar Dandel.

Pihak Satgas Covid-19 Sulut, menurutnya telah mengantisipasi kemungkinan banyak kasus positif dari group yang ikut kegiatan di Gowa itu.

“Pemeriksaan swab akan dilakukan terhadap sekitar 90an orang, sebagian besar sudah diswab,” kata Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com