bar-merah

Satgas Covid-19 Sulut lakukan rapid test terhadap kontak erat dari pasien positif

MANADO, ZONAUTARA.COM – Kasus baru positif terkonfirmasi covid-19 di Sulawesi Utara dalam tiga hari belakangan bertambah cukup drastis. Ada sebanyak 26 kasus positif yang diumumkan dalam tiga hari yakni tanggal 8, 9 dan 10 Mei.

Pertambahan yang cukup tinggi itu membuat tim surveilans Satgas Covid-19 Sulut bergerak cepat melakukan pemeriksaan contact tracing bagi orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien positif.

Hasil dari contact tracing itu kemudian diperiksa secara cepat dengan pemeriksaan rapid test, yang salah satunya digelar di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut pada Senin (11/5/2020).

“Iya, yang datang ini adalah mereka yang masuk dalam daftar kontak erat dan harus dilakukan rapid test,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel.

Jika hasil pemeriksaan rapid test menunjukkan reaktif, maka yang bersangkutan harus dilanjutkan dengan pemeriksaan swab test, untuk memastikan adanya virus Sars-CoV-2 yang menyebabkan covid-19.

Dandel menjelaskan bahwa pemeriksaan rapid test tersebut gratis, seluruh biaya ditanggung negara.

“Karena mereka sudah di daftar dan harus ikut rapid test,” jelas Dandel.

Hingga saat ini di Sulut sudah hampir 12 ribu orang yang dirapid test, hasilnya ada 248 yang reaktif dan sebagian besar sudah
dilanjutkan ke swab test, dengan hasil 24 positif terkonfirmasi covid-19.

“Yang 24 ini termasuk dari total secara akumulatif 71 kasus positif di Sulut,” ujar Dandel.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com