ZONAUTARA.com – Saat pandemi covid-19 ini, masyarakat diharuskan menggunakan masker saat keluar rumah.

Keharusan ini menyulitkan pengguna kacamata, karena uap dari nafas yang keluar menyebabkan kabut pada lensa kacamata sehingga mengganggu pandangan.

Kondisi inipun sangat mengganggu aktifitas sehari-hari terlebih saat mengendarai kendaraan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah kacamata berkabut:

Celupkan kacamata ke dalam sampo bayi atau air sabun

Lakukan hal ini tepat sebelum mengenakan masker, buat busa pada lensa kacamata dengan air sabun dan buang air yang berlebih. Jangan membilasnya dengan air. Biarkan busa mengering atau keringkan menggunakan kain lembut yang bebas serabut sebelum mengenakannya kembali.

Trik ini bisa berhasil karena sabun meninggalkan film tipis yang mengurangi tegangan permukaan, sehingga menyebabkan molekul air (alias uap air dari napas kita) menyebar secara merata ke lapisan transparan.

Tempatkan tisu di dalam masker

Jika kamu melakukannya dengan benar, cara ini bisa berfungsi. Caraya mudah, pertama lipat tisu secara horizontal. Kemudian letakkan tisu yang telah dilipat tadi di antara wajah dan bagian atas masker di bagian tulang hidung.

Metode ini itu penyerapan kelembaban dari napas kita sebelum menyentuh kacamata.

Ubah cara mengikat masker

Jika biasanya kita menggunakan masker wajah diikat di belakang kepala, coba ubah cara mengikatnya. Alih-alih mengikat bagian atas tepat di atas telinga, cobalah mengikatnya di bawah, dan untuk bagian bawah, lakukan sebaliknya untuk membuat “X” di sisi wajah. Cara ini disebutkan dapat memungkinkan udara yang dihembuskan bisa cepat keluar dari masker.

Cari masker yang menempel lekat di hidung

Kacamata berkabut karena masker yang kita kenakan mengalihkan napas hangat ke atas, bukan ke luar ataupun ke depan, membuat munculnya uap pada lensa. Jika udara tidak dapat keluar dengan mudah dari atas dan masker terpakai cukup rapat dapat mengurangi kejadian ini.

Coba semprotan anti-kabut

Ada metode khusus yang digunakan perenang, yaitu memakai semprotan lensa dengan semprotan anti-kabut yang banyak dijual di pasaran.

Editor: Chisto Senduk




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id