bar-merah

Keseringan menggunakan hand sanitizer ternyata tak baik, ini resikonya

Ilustrasi dari Pexels.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer adalah salah satu cara mengusir bakteri dan virus yang menempel di tangan kita.

Dengan cara itu kita dapat mengurangi penularan virus.

Namun dilansir dari Mirror.co.uk, para ahli memperingatkan, jika kita melakukannya secara berlebihan justru dapat meningkatkan resiko terinfeksi.

Juru bicara perusahaan kimia Kao Corporation menjelaskan kepada Kyodo News bahwa, menggunakan hand sanitizer berbahan alkohol secara berlebihan dapat menghilangkan ‘flora bakteri normal’ yang melapisi kulit dan menangkis patogen.

“Tentu saja, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol itu perlu untuk mengurangi penularan virus, tetapi melakukan sesuatu secara berlebihan itu tidak baik,” ungkapnya.

Hand sanitizer atau pembersih tangan biasanya mengandung 60 hingga 95 persen alkohol, yang membantu menjaga tangan bebas dari bakteri dan virus.

Namun, alkohol ini juga bisa menghilangkan minyak dan air pada kulit kita, dan dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering.

Kulit kering dan rusak bisa menjadi sarang bakteri penyakit dan juga meningkatkan risiko masuknya virus ke dalam tubuh kita melalui luka di kulit.

“Untuk mencegah infeksi, jauh lebih penting untuk mencuci tangan dengan sabun dalam jumlah sewajarnya selama lebih dari 30 detik secara efektif daripada keseringan mencuci tangan di setiap waktu,” urainya.

Setelah mencuci tangan, penting juga untuk memastikan kita mengeringkan tangan dengan seksama.

Membiarkan tangan basah dapat juga menyebabkan gangguan kulit sehingga memudahkan virus menempel di tangan.

Selain menjaga tangan kita tetap bersih, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga menyarankan kita untuk secara teratur membersihkan semua permukaan yang sering disentuh.

Permukaan sentuhan tinggi termasuk mesin hitung, permukaan meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, dan meja samping tempat tidur.

“Juga, bersihkan semua permukaan yang mungkin mengandung darah, tinja, atau cairan tubuh.”

Editor: Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com