BOLMONG, ZONAUTARA.com—Sekelompok mahasiswa di Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang tergabung dalam Perkumpulan Mahasiswa Desa Mopait (PMDP) memberikan dukungan kepada keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Tak hanya dukungan moril. Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Manado, Gorontalo, Kotamobagu, Makassar bahkan dari Yogyakarta itu secara spontan dan dengan ikhlas menyisihkan sebagian uang jajannya untuk membantu keluarga pasien.

Taufik Aljumasi Passi, salah satu mahasiswa mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap pasien covid-19 maupun keluarganya.

“Langkah ini spontan kami lakukan untuk memberikan semangat dan dukungan khususnya kepada keluarga pasien yang tidak sedikit mengalami stigma bahkan diskriminasi sosial,” kata Taufik, Rabu 10 Juni 2020.

Selain itu, para mahasiswa Mopait berharap aksi yang mereka lakukan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat lain untuk bersama-sama memberikan dukungan kepada keluarga pasien. Termasuk pemberian bantuan berupa bahan makanan pokok, menurut mereka itu penting, guna mengoptimalkan proses karantina mandiri yang sementara dijalani keluarga pasien. Sehingga diharapkan keluarga tersebut tidak perlu keluar rumah untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari, yang notabene beresiko menyebar virus kepada orang lain di luar rumahnya.

“Mereka sudah terkena musibah. Jangan ditambah lagi dengan stigma buruk masyarakat bahkan sampai menjauhi rumahnya. Ini persoalan kemanusiaan. Kami tidak ingin seperti itu,” ujar Taufik.

Baca pula: Total 4 kasus positif corona di Bolmong, satu hasil tracking di pertokoan

“Hari ini kami memberikan bantuan kepada keluarga pasien berupa bahan makanan pokok. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap keluarga korban yang tengah melakukan isolasi mandiri,” tambah Acha Damopolii, mahasiswi salah perguruan tinggi negeri di Manado, sembari berharap pasien bersama keluarganya untuk tetap bersabar atas ujian ini, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diarahkan oleh tim medis.

“Kami berharap kepada masyarakat luas khususnya di Kecamatan Lolayan untuk bahu membahu memberikan semangat, agar pasien bisa segera sembuh dan terbebas dari Covid-19,” tandasnya.

Diketahui, pada Selasa 9 Juni 2020, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali mengumumkan penambahan satu kasus baru.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Bolmong, dr Debby Kulo, Kasus 520, adalah pasien yang berjenis kelamin laki-laki, berumur 22 tahun berdomisili di Kecamatan Lolayan, Bolmong.

“Pasien tersebut merupakan hasil tracking Dinas kesehatan Kota Kotamobagu di beberapa pertokoan di Kotamobagu. Saat ini sementara menjalani perawatan di rumah sakit Datoe Binangkang Lolak,” ungkap Debby.

Hasil tracking tim gugus tugas kabupaten, terhadap anggota keluarga yang kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan pasien, dan hasilnya, ditemukan tiga orang yang KERT dengan pasien.

“Ketiganya merupakan anggota keluarga. Saat ini sementara menjalani isolasi mandiri di rumah. Rencana pekan depan akan diambil sampel swab,” pungkas dr. Debby.

Editor: Ronny Adolof Buol




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id