bar-merah

Mulai menyukai bersepeda? Simak tips bagi pemula

Tips bersepeda
Tips untuk bersepeda bagi pemula. / Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Bersepada merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain menyenangkan, tentunya juga bermanfaat. Rutin bersepeda sebagai olahraga dapat membantu menjaga berat badan juga meningkatkan kesehatan jantungmu.

Sepeda juga bisa jadi alternatif transportasi yang ramah lingkungan yang pastinya juga lebih hemat. Tak heran belakangan ini peminat transportasi ini kian meningkat. Selalu ada alasan untuk gowes entah hanya bersantai di sore hari, berolahraga, bahkan ke kantor atau beraktivitas harian dengan sepeda.

Saat ini, para pesepeda tidak hanya menggunakan sepeda untuk fungsi di atas saja, melainkan juga untuk sarana hobi. Bepergian jarak jauh atau traveling dengan sepeda juga menjadi tantangan yang unik. Tidak hanya untuk sarana refreshing, tetapi juga untuk melatih napas dan kekuatan otot. Menyenangkan, bukan?

Untuk kamu yang berminat untuk memulai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan dan sehat dengan bersepeda, kamu bisa menyimak tips-tips berikut sebagai saran sebelum memulai. yuk disimak!

Pilihlah sepeda yang tepat

Saat akan akan mulai memilih sepeda, pastikan kamu paham betul untuk apa sepeda yang ingin kamu beli. Rute seperti apa yang ingin kamu lalui dan seberapa sering kamu akan menggunakan sepeda tersebut.

Tidak perlu mahal, yang terpenting sepeda yang kamu gunakan nyaman dan memiliki kondisi yang baik.

Perhatikan kenyamanan

Jika kamu amati, para pesepeda senior biasanya akan selalu melakukan penyesuaian kondisi sepeda untuk menunjang kenyamanan saat digunakan. Bagian-bagian yang biasanya sangat diperhatikan adalah handlebar grip dan saddle.

Meskipun kamu bukanlah seorang pesepeda profesional, memastikan sepeda dapat nyaman digunakan akan sangat membantu dalam menghindari cedera.

Pixabay.com

Pelajari cara memperbaiki ban bocor/kempis

Saat bersepeda, hal terburuk yang biasa terjadi dan dialami para pesepeda adalah ban bocor/kempis. Kondisi ini dapat terjadi kapan pun dan di mana pun.

Tentu akan menjadi hal yang menyebalkan ketika mendapati sebuah paku menancap pada ban di tengah-tengah momen menikmati waktu bersepeda. Akan tetapi, hal itu tidak akan menjadi masalah besar jika kamu paham cara mengatasi dan memperbaikinya.

Miliki perlengkapan keamanan

Jika kamu memang berniat untuk optimal dalam bersepeda, tidak ada salahnya untuk mulai mencicil beragam perlengkapan keamanan dalam bersepeda.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan keamanan yang dapat kamu cicil untuk menunjang aktivitas kamu dalam bersepeda:

  • Helm
  • Kunci gembok (jika kamu berencana untuk meninggalkan sepeda dan singgah di beberapa tempat)
  • Lampu sepeda
  • Pompa lacak (untuk digunakan di rumah)
  • Pompa mini (untuk digunakan dalam perjalanan)

Pelajari teknik dasar

Jangan pernah ragu untuk memulai tantangan baru dalam bersepeda. Yang penting, pahamilah beberapa teknik dasar dalam bersepeda untuk memudahkan kamu dalam menghadapi rute dan kondisi jalan tertentu.

Pexels.com

Pemahaman ini sangat membantu kamu untuk lebih percaya diri dalam bersepeda sehingga tidak mudah ragu dalam mencoba hal baru. Teknik-teknik penting yang perlu kamu ingat, di antaranya:

  • Rem depan jauh lebih efektif dalam menghentikan sepeda.
  • Saat akan menikung, pastikan untuk memperlambat kecepatan sebelum tiba di tikungan. Cara ini akan menghemat pengereman.
  • Angkat lutut dalam dan berikan beban ke luar untuk menjaga keseimbangan.
  • Saat pendakian, teruslah mengayuh untuk membantu membawa momentum sebanyak mungkin ke pendakian.

Perhatikan asupan saat bersepeda

Jika kamu terbiasa dengan olahraga lain, seperti berlari atau berenang, kebiasaan makan saat berlatih merupakan hal sebaiknya dihindari.

Akan tetapi, berbeda untuk para pesepeda yang membutuhkan asupan energi dari makanan selama mengayuh sepedanya, apalagi bagi mereka yang melakukan perjalanan bersepeda hingga berjam-jam.

Itulah sebabnya, pastikan untuk selalu membawa camilan ringan saat kamu bersepeda selama lebih dari 90 menit.

Selain itu, pengendara sepeda biasanya juga membawa air dalam botol yang dipasang di sepeda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pesepeda untuk minum saat haus selama bersepeda.

Perlahan tetapi pasti

Antusias dalam bersepeda harus tetap diimbangi dengan pemberian jeda dan waktu untuk tubuh dalam beradaptasi. Saat akan mulai bersepeda, lakukanlah dengan rute yang ringan dan mudah. Jika kamu mulai terbiasa, tambahkan durasi waktu dalam bersepeda.

Pexels.com

Pastikan untuk selalu memberikan batasan dan jangan terburu-buru dalam menentukan target dalam bersepeda. Terlalu jauh menentukan target akan berisiko membuat kamu mudah merasa letih hingga terjadinya cedera.

Itulah beberapa hal penting seputar tips bersepeda untuk pemula yang perlu kamu ketahui. Dalam melakukan aktivitas fisik, pastikan untuk selalu memberikan jeda pada tubuh dalam melakukan istirahat yang cukup untuk pemulihan.

Hindari membuat target yang berlebihan dan nikmatilah proses yang kamu lakukan untuk mendapatkan kesehatan, kebugaran, dan kebahagiaan jangka panjang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com