bar-merah

Ini yang harus diketahui para pendaki pemula

Tips mendaki
Ilustrasi dari Pexels.com

Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak peminat. Akan tetapi beberapa merasa ragu meski ingin mencoba. Untuk sebagian orang mendaki dipandang sebagai hal yang berat dan sulit.

Tapi tenang saja, untuk kamu para pemula yang ingin mencoba naik gunung, artikel ini akan mengupas tuntas hal-hal apa saja yang harus pendaki pemula ketahui. Karena sejatinya mendaki bukan hanya perihal naik dan turun, mendirikan tenda, summit puncak, melihat sunrise, namun mendaki merupakan sebuah proses dimana kita belajar dan menjadi lebih tahu siapa diri kita sendiri, bahkan teman-teman kita.

Yuk simak tips-tipsnya.

Gunung apa yang cocok atau dengan siapa?

Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah tentukan dan kenali gunung mana yang akan kamu daki. Karena tentunya setiap gunung mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari ketinggiannya, kondisi kontur tanahnya, seberapa panjang dan seberapa aman track yang akan dilalui, dan masih banyak hal lainnya.

Kamu bisa melakukan research kecil mengenai informasi gunung yang akan kamu daki misalnya melalui Google, atau dengan melihat vlog-vlog tentang gunung tersebut di YouTube.

Pasti banyak di antara kamu yang masih bingung kira-kira gunung apa sih yang cocok untuk pendaki pemula kan? Nah, mungkin kutipan penyemangat dari Fiersa Besari ini akan membuat kita berpikir kembali sebelum memutuskan mendaki,

“Rekan pendakian kita turut mempengaruhi proses kita belajar di gunung. Bukan lagi Gunung apa yang cocok untuk pemula, melainkan Siapa rekan mendaki yang cocok untuk pemula”. Karena pada akhirnya di gunung, kekuatan tanpa pengetahuan adalah hal yang sia-sia.” – Fiersa Besari.

Jangan lupa untuk mengecek segala kondisi dan pastikan selalu double checking

Kondisi yang dimaksud adalah baik kondisi tubuh kamu maupun kondisi cuaca di daerah yang akan kamu daki. Kedua hal ini sangat penting terutama bagi kamu yang baru pertama kali mendaki gunung dan disarankan agar tidak mendaki saat musim hujan, karena beban akan bertambah dua kali lebih berat dan kemungkinan bahayanya juga lebih besar.

Selain itu kesehatan juga merupakan hal krusial dalam proses pendakian gunung. Karena kondisi tubuh yang fit juga akan memudahkanmu mendaki. Bahkan peraturan sekarang ini yang mewajibkan setiap pendaki di semua jalur pendakian untuk membawa surat keterangan sehat dari Puskesmas sebelum memulai pendakian. Hal ini untuk memastikan kamu berada dalam kondisi sehat dan layak untuk mendaki.

Dan tips agar kamu bisa tetap bugar sebelum mendaki adalah dengan berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan jogging atau olahraga ringan dirumah selama 15-30 menit setiap hari, dan usahakan rutin seminggu sebelumnya. Aktivitas ini akan membantu kamu dalam mengatur nafas, dan mengurangi rasa lelah nantinya di kaki dan tubuhmu.

Tips selanjutnya dapat dibaca di link ini.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com