bar-merah

Ini yang harus diketahui para pendaki pemula

Tips mendaki
Ilustrasi dari Pexels.com

Ketahui dan persiapkanlah semua kebutuhan semaksimal mungkin

Tips yang ketiga agar pendakian kamu menjadi lebih aman dan nyaman lagi adalah perhatikan barang bawaan. Bawalah bahan logistik yang cukup dan seperlunya saja agar tidak memberatkan pundak kamu sewaktu naik. Usahakan untuk tidak terlalu sering minum ataupun makan sewaktu naik, karena itu akan memberatkan tubuhmu, kamu bisa menggantinya dengan coklat atau madu.

Jangan lupa spare perlengkapan tambahan seperti jas hujan, trash bag, kaos kaki yang akan melindungi kaki kita dari dinginnya angin gunung, beanie yang akan menghangatkan telinga kita, dan pastinya adalah kotak P3K dan perlengkapan krusial bagi wanita.

Pemilihan tas carrier juga penting lho! Sesuaikan tas carrier dengan punggung, dan air back system yang empuk dan baik. Perhatikan juga kapasitas tas carrier, untuk pendaki pemula kamu bisa menggunakan tas yang berukuran 40-50 liter. Dan pastikan ada rain covernya ya! Dan sedikit tips agar air tidak merembes ke dalam tas carrier dan membasahi semua barangmu adalah dengan melapisi tas carrier yang kamu pakai dengan trash bag.

Pakaian dan sepatu yang dipakai

Faktor berpakaian juga turut membuat pendakian menjadi lebih nyaman lagi. Tidak hanya digunakan sebagai gaya berpakaian saja, namun pakaian ini akan melindungi para pendaki dari berbagai situasi. Misalnya pakaian yang tahan air dan tahan udara akan memudahkan para pendaki dalam menerobos hujan dan dinginnya alam. Pakaian yang ringan dan berbahan tipis juga akan memudahkan para pendaki dalam bergerak dan dari kepanasan.

Bagi para pendaki pemula, ada baiknya kamu menggunakan barang-barang yang waterproof dan windproof. Selain itu bahan yang dianjurkan seperti polyester dan ripstop. Hindari bahan wool atau semacamnya yang akan memberatkan apabila basah. Selain itu gunakan warna-warna gelap guna memudahkan mencuci nantinya.

Selain itu ada sepatu gunung yang wajib kamu kenakan karena tingkat melindunginya lebih besar daripada sepatu biasa maupun sandal gunung, ia bisa mengcover seluruh kaki hingga diatas mata kaki kita. Sepatu dengan alur bawah yang baik akan membuat kaki kita menjadi nyaman dan ringan sehingga kita bisa bergerak leluasa dan cepat.

Minimalisir barang digital

Mungkin sebagian besar tujuan pendaki pemula mendaki agar mendapatkan foto-foto aesthetic waktu dipuncak nanti kan? Tidak salah memang, namun alangkah baiknya untuk tetap menomor satukan keselamatan ya. Karena puncak itu bonus!

Apabila kamu ingin membawa barang digital misalnya kamera, handphone, powerbank atau bahkan laptop, harus benar-benar diperhatikan dan double protection karena selain membahayakan kamu dan teman-temanmu tentu akan merusak barang tersebut jika terjebak dalam kondisi hujan.

Tips selanjutnya dapat dibaca di link ini.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com