bar-merah

Ini yang harus diketahui para pendaki pemula

Tips mendaki
Ilustrasi dari Pexels.com

Agar tidak cepat kelelahan, perhatikan cara berjalan ketika mendaki

Naik gunung bukan sekedar naik, namun ada teknik naik didalamnya loh! Dan teknik berjalan ketika mendaki yang benar adalah dengan posisi kaki yang selalu lentur dan santai, karena akan mempermudah dan meringankan otot di kaki. Kaki kita harus siap menerima segala jenis kontur tanah yang bisa saja tidak rata. Kaki yang kaku akan memperbesar cedera yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Dan untuk menyeimbangkan beban di tubuh dan saat melalui medan yang sulit, salah satu tips untuk pendaki pemula adalah gunakan bantuan trekking pole untuk memudahkan tumpuan beban pada tubuh.

Pada saat di medan yang menanjak usahakan kaki jangan melangkah terlalu panjang, dan posisi trekking pole berada disamping, bukan didepan. Selain itu posisi tubuh yang baik saat medan menanjak adalah bersandar kedepan namun tidak membungkuk.

Selain itu urutan berjalan bagi pendaki pemula atau follower biasanya berada ditengah setelah leader. Apabila kamu sudah merasa lelah, jangan sungkan untuk meminta berhenti sejenak ya, dan usahakan untuk tidak mengeluh.

Peraturan bukanlah hal sepele

Pasti tau kan peribahasa satu ini “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Nah dimanapun kita berada pastikan untuk selalu mematuhi peraturan yang ada ya. Apalagi di tengah kondisi sekarang ini yang mengharuskan kita untuk mematuhi protokol penerapan “New Normal”. Seperti wajib membawa surat keterangan sehat dari Puskesmas, wajib memakai masker, penyemprotan disinfektan, jaga jarak di basecamp, dan lain sebagainya. Pastikan selalu membawa turun sampah yang kamu bawa saat mendaki ya.

Nah, itu dia tips yang harus kamu ketahui agar pendakian pertama kamu menjadi aman dan menyenangkan. Dan tentunya tetap utamakan kesehatan dan protokol keselamatan apabila mendaki ya. Dan tidak lupa untuk selalu meminta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar menjadi perjalanan pertama mu yang mengesankan!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com