bar-merah

Hindari 5 kebiasaan buruk ini, agar kamu jerawatmu tak semakin parah

Bersihkan jerawat
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat biasanya timbul karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Karena sangat mengganggu penampilan, tak heran banyak orang yang ingin menghilangkannya segera agar kondisi kulit wajah kembali normal. Berbagai tindakan cara menghilangkan jerawat pun dilakukan bahkan tanpa memerhatikan benar dan salahnya.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan buruk yang justru membuat kondisi jerawat semakin banyak. Hal ini dikarenakan kebiasaan salah yang sering dilakukan, baik untuk menghilangkan jerawat atau kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar dapat membuatnya semakin parah.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa buat kamu berjerawat atau jerawatmu semakin parah

Ponsel

Percaya atau tidak, telepon selular atau ponsel mengandung bakteri terbanyak dibandingkan dengan benda lain yang ada dirumah anda. Misalnya ketika anda menelepon dan menempelkannya di wajah, bakteri itu akan berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa coba lebih rutin bersihkan ponselmu menggunakan pembersih antibakteri. Kamu juga bisa menggunakan earphone dibanding menempelkan ponselmu ke kulit secara langsung.

Kuas make up

Masalah satu ini paling umum dialami kaum hawa pastinya. Dalam penggunaan sehari-hari, benda ini mungkin jarang diganti atau dibersihkan. Itu sebabnya, kuas makeup bisa mengandung bakteri, kotoran, minyak yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Belum lagi kebiasaan menggunakan kuas makeup bersamaan yang tentunya bisa meningkatkan resiko penularan bakteri. Untuk itu, lebih rutinlah membersihkan kuas makeup mu. Dan ganti dengan kuas yang baru untuk tiap kurun waktu.

Produk rambut

Sering menggunakan produk penata rambut, sebaiknya anda mulai berhati-hati. Baik itu gel rambut atau hairspray dapat mengenai kulit anda dan menyebabkan jerawat.

Hal ini disebabkan cipratan produk ke kulit wajah saat diaplikasikan. Cobalah tutup wajah anda untuk menghindari cipratan dari produk-produk rambutmu.

Sarung bantal

Seprai dan sarung bantal menjadi salah satu tempat favorit bakteri. Bantal bisa menyerap keringat saat anda tidur, juga debu dan minyak. Bakteri ini kemudian akan kontak langsung dengan kulit anda dan menyebabkan jerawat.

Untuk menghindarinya, sebaiknya ganti seprai dan sarung bantal seminggu sekali untuk menjaga kebersihan.

Tangan

Entah kenapa, kita semua selalu ingin menyentuh wajah dengan tangan. Terlebih jika ada jerawat yang timbul di salah satu area wajah kita. Itu adalah salah satu penyebab jerawat ataupun bertambah banyaknya jerawat.

Karena kontaminasi bakteri dari berbagai benda yang disentuh dengan mudah berpindah ketika menyentuh wajah sendiri. Hindari menyentuh wajah dengan tangan dan cucilah tangan anda secara rutin dengan sabun antibakteri.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com