Warga Laos ikut upacara bendera peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Laos

  • Share
zonautara.com
Warga Laos ikut upacara bendera peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Laos.(Image: captured from Embassy of the Republic of Indonesia in Laos's video)

ZONAUTARA.com – Sejumlah warga asli Laos turut menghadiri upacara bendera peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vientiane, Laos, Senin (17/08/2020).

Para warga Laos tersebut menyatu dalam upacara yang dimulai tepat pukul 09.30 waktu setempat, bersama Keluarga Besar KBRI Laos. Mereka peserta Kursus Bahasa Indonesia di Laos yang terdiri dari pelajar, pegawai pemerintah, tentara dan polisi Laos.

Dalam upacara ini, bertindak selaku Pembina Upacara adalah  Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos, Pratito Soeharyo. Komandan Upacara adalah Atase Pertahanan Kolonel Infanteri Rory Ojak Halomoan Sitorus. Upacara dilaksanakan di halaman KBRI di Vientiane, Laos, dan memperhatikan protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19.

zonautara.com
Suasana upacara bendera peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman KBRI Laos.(Image: captured from Embassy of the Republic of Indonesia in Laos’s video)

Dalam sambutan pada acara Ramah Tamah, Dubes Pratito Soeharyo menyampaikan bahwa adanya perkembangan positif di Laos dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang mendorong Pemerintah Laos untuk memberikan kelonggaran pembatasan pada pergerakan, membuat masyarakat Indonesia di Vientiane dan sekitarnya dapat bertemu sapa dan menjalin silaturahmi antar sesama pada momen perayaan HUT RI ke-75.

“Masyarakat Indonesia di Laos tetap harus waspada serta menjalankan apa yang menjadi praktek dan anjuran Pemerintah Laos dalam mencegah penyebaran Covid-19, utamanya menjaga kesehatan, kebersihan diri dan keluarga, dan menjaga physical distance di manapun berada. Hal ini mengingat Virus Covid-19 masih melanda di negara-negara tetangga Laos dan di kawasan,” kata Pratito.

Dubes Pratito berharap, komunitas Indonesia di Vientiane pada khususnya dan Laos pada umumnya dapat terus menunjukkan citra diri bangsa yang unggul dan bergerak maju. Hal ini juga termasuk dalam memajukan hubungan persahabatan Indonesia dengan Laos.

Menariknya lagi, ada dua orang asal Sulawesi Utara yang sangat berperan dalam upacara di KBRI Laos ini, yaitu  Irene Rindorindo yang bertindak sebagai pembawa acara dan Happy Smile Watulingas-Karubaba yang bertindak sebagai penyanyi solo Indonesia Raya.

zonautara.com
Irene Rindorindo (kanan) dan Happy Smile Watulingas-Karubaba (kiri).(Image: captured from Embassy of the Republic of Indonesia in Laos’s video)

Berdasarkan data worldometers.info yang dirilis Rabu (19/08/2020), Laos merupakan negara yang tergolong minim terdampak Covid-19. Total kasus tercatat hanya 22 kasus, tanpa kasus kematian. Total kesembuhan ada 19 kasus dan kasus aktif ada 3 kasus.

Ironisnya, berdasarkan letak geografis, Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara, yang berbatasan dengan Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, serta Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Namun kerberhasilan negara ini dalam menangkal penyebaran Covid-19 tergolong tinggi.


  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com